Kompas.com - 27/11/2018, 19:32 WIB
BBJ menghadirkan Pameran Ilustrasi ?Cerita Makan Nusantara? karya Beng Rahadian (29 November - 6 Desember 2019). Dok. BBJBBJ menghadirkan Pameran Ilustrasi ?Cerita Makan Nusantara? karya Beng Rahadian (29 November - 6 Desember 2019).

KOMPAS.com - Makanan adalah juga soal kebudayaan. Bagi masyarakat kita makanan bukan saja penting untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia, tapi juga menunjukkan sebuah pandangan terhadap kehidupan. 

Dengan latar inilah Bentara Budaya Jakarta akan memamerkan karya Ilustrator sekaligus kartunis Beng Rahadian pada tanggal 29 November sampai dengan 6 Desember 2018.

Pameran yang bertajuk “Cerita Makan Nusantara” ini akan diresmikan oleh Sapardi Djoko Damono yang dikenal sebagai salah satu penyair kenamaan di Indonesia.

Makanan selalu memiliki daya tarik visual yang kuat, namun pada kali ini Beng Rahadian tidak hanya sekedar menggambar makanan saja, tapi juga berusaha menangkap efek selera dan cerita di balik makanan tersebut. Pameran ini dikuratori oleh Yulian Ardhi.

“Kehidupan masyarakat Indonesia lekat kaitannya dengan makanan, terbukti dengan adanya banyak acara adat yang melibatkan makanan sebagai  perantara untuk mengungkapkan rasa syukur. Ini juga berarti makanan bisa menjadi perantara dalam menyelesaikan persoalan.” ujar Beng Rahadian.

Baca juga: MPR RI Tanamkan Nilai-Nilai Empat Pilar lewat Seni Budaya Kuansing

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gambar makanan yang akan dipamerkan adalah makanan yang pernah dimakan Beng Rahadian sebagai illustrator dari sejak beberapa tahun lalu hingga sekarang.

Narasi berisikan ingatan personal Beng Rahadian terhadap kapan makanan tersebut disantap akan melengkapi gambar visual yang akan dipamerkan.  

Teknis pembuatan karya ini ada yang dilakukan secara langsung ada juga yang digambar melalui referensi foto. Bagi Beng Rahadian, proses menggambar kembali makanan ini melalui foto sama halnya dengan memanggil kembali ingatan tentang makanan tersebut.

BBJ menghadirkan Pameran Ilustrasi ?Cerita Makan Nusantara? karya Beng Rahadian (29 November - 6 Desember 2019).Dok. BBJ BBJ menghadirkan Pameran Ilustrasi ?Cerita Makan Nusantara? karya Beng Rahadian (29 November - 6 Desember 2019).

Frans Sartono, Direktur Program Bentara Budaya, dalam kata pengantarnya  juga menyebutkan bahwa gambar tidak hanya merekam wujud makanan saja.

Semua informasi mengenai sensasi rasa dan interaksi Beng Rahadian sebagai pelahap makanan tersebut juga terekam dalam gambar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X