Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2018, 21:21 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Vokasi Komunikasi (Vokom) UI menyelenggarakan Talkshow “Jangan Takut Meraih Mimpi,” menghadirkan Pandji Pragiwaksono, Rosiana Silalahi dan Olivia Ong, di Auditorium Vokasi UI, Depok, Jawa Barat (3/12/2018). 

Kegiatan yang dibuka Ketua Program Studi Vokom UI, Devie Rahmawati ini dihadiri lebih dari 350 peserta dari berbagai universitas di Jakarta.

“Balon dapat terbang bukan karena warnanya, namun karena isinya. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengisi pengetahuan dan pengalaman para mahasiswa agar siap memasuki industri dan menggerakkan ekonomi," jelas Devie perihal latar belakang acara.

Ia menambahkan, berdasarkan studi kemampuan seseorang dalam menetapkan mimpi dan konsisten meraihnya akan berbuah kesuksesan.

"Maka bermimpi dan bekerja untuk mewujudkannya menjadi hal yang penting,” ujarnya.

Berani jatuh, berani bangkit

Harapan ini diamini Rosiana Silalahi (Rosi) yang mengatakan anak muda memiliki mimpi-mimpi hebat, hanya tidak tahu bagaimana cara mencapainya.

“Energi positif, berbagi pengalaman menjadi penting, agar mahasiswa dapat siap bersaing di industri ketika lulus,” tambah Rosi, Direktur Pemberitaan di Kompas TV.

Baca juga: Jelajah Literasi, Antologi Kisah 20 Taman Baca Penggerak Mimpi Anak-anak

"Sebenarnya anak muda mempunyai mimpi yang hebat tetapi mereka seringkali tidak tahu bagaimana cara mewujudkan impian tersebut. Inilah yang saya akan tunjukan pada mereka, apapun mimpi mimpi atau cita cita mereka itu bisa terwujud, asalkan mereka tidak takut untuk menempuh berjalanan berliku untuk menanggapinya," ujar Rosi.

Mereka harus berani! Berani jatuh, berani bangkit lagi. Karena sukses tidak pernah jatuh begitu saja dari langit, tegasnya.

Belajar dan bermain

Sementara itu, Olivia Ong (pendiri Jakarta Aesthetic Clinic), dan Panji Pragiwakso (entertainer) menitikberatkan pada pengalaman mereka meniti karir dari nol hingga mencapai kesuksesan.

"Kalau mau sukses harus mengerti apa yang kita suka dan apa yang kita bisa. Dalam melucu itu kita harus menguasai banyak disiplin ilmu. Kita harus menjadi pribadi yang full filled. Kita harus mendengarkan kebutuhan konsumen," ujar Pandji.

Sedangkan Panji mengatakan dirinya adalah orang yang tidak hanya belajar, tetapi juga bermain. Menurutnya, bermain adalah belajar dengan sukarela. “Kita harus terus belajar. Saya sendiri tidak pernah berhenti belajar, bahkan dari para sesama pekerja seni, stunt up comedy,” tambahnya.

Olivia, pendiri Jakarta Aesthetic Clonic menyatakan bahwa para mahasiswa, khususnya mahasiswa Vokasi UI harus selalu pantang menyerah menghadapi segala tantang.

Menggugah semangat

Ketua Program Studi Vokasi Komunikasi, Rahmawati menyampaikan Program Studi Vokasi Komunikasi UI berupaya terus menghadirkan para profesional dibidang komunikasi untuk memberikan inspirasi kepada mahasiswa.

“Para mahasiswa Vokom adalah mahasiswa yang secara sadar memilih jurusan yang mereka ambil, tanpa ada pengaruh yang dominan dari keluarganya. Hanya saja, mereka perlu dibantu strategi taktis agar semakin siap berkompetisi di era teknologi yang cepat berubah," ujarnya.

Kehadiran para tokoh-tokoh ini juga para profesional diharapkan mampu menggunggah semangat mahasiswa untuk menjadi pribadi yg disiplin dan semangat dalam meraih cita-cita. "Menjadi pribadi yang berani bermimpi," tutup Devie. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com