Menanti Kisah Inspiratif 2 Perempuan Hebat di Kompasianival 2018 - Kompas.com

Menanti Kisah Inspiratif 2 Perempuan Hebat di Kompasianival 2018

Kompas.com - 07/12/2018, 10:00 WIB
Kompasianival 2018 di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, 8 Desember 2018Harry Ramdhani Kompasianival 2018 di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, 8 Desember 2018

KOMPASIANA - Tergolong ke dalam kelompok rentan, perempuan perlu menerabas lebih banyak lapisan untuk dapat mempertahankan dan mengembangkan kariernya. Stigma, takaran moral, tradisi, dan kondisi fisik kerap menjadi faktor yang disebut-sebut menjadi penghalang dan tantangan perempuan untuk menjabat posisi strategis di tempatnya berkarya.

Tetapi seiring dengan bergulirnya waktu, ruang berkarya bagi perempuan pun kian terbuka. Banyak profesi yang secara stereotip dikenal "sangat maskulin", kini memiliki perempuan dalam tubuh organisasinya. Beberapa di antaranya bahkan berhasil duduk di jajaran tertinggi dan menjadi inspirasi banyak orang.

Baca juga: Menteri Hanif Akan Memberikan Keynote Speech di Kompasianival 2018

Silvia Halim, misalnya. Ia menjabat sebagai Direktur Konstruksi PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dan menjadi perempuan satu-satunya yang menduduki jabatan di jajaran direksi sejak September 2016.

Ada juga Esther Gayatri. Tiga tahun lalu namanya mengudara melalui profesinya sebagai pilot PT Dirgantara Indonesia (DI) dengan pengalaman 33 tahun. Bukan sembarang pilot, jabatan resminya di PT DI adalah Test Pilot, yakni penerbang yang bertanggung jawab menguji coba pesawat baru dan prototip. Esther adalah satu-satunya Test Pilot perempuan se-Indonesia dan se-Asia Tenggara.

Sama seperti rekan seprofesinya, baik Silvia Hakim maupun Esther Gayatri mengemban tugas dan risiko yang berat, selain berupaya menepis lapisan pertama sebagai seorang perempuan. Keduanya akan berbagi kisah dan kiprah di Kompasianival 2018 dalam sesi “Meet The Expert: Perempuan Berjaya di Darat, Laut, Udara” di panggung utama Lippo Mall Kemang pada Sabtu (8/12/2018) mendatang.

Sesi ini juga bakal menghadirkan nama kesohor lain seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih Emil Elestianto Dardak, dan para professional dari perusahaan ternama.

Baca juga: Ini Ragam Keuntungan yang Bisa Diperoleh di Kompasianival 2018

Tak ketinggalan, Anda juga bias mengikuti sesi workshop berbagai tema yang akan dipandu oleh psikolog Roslina Verauli, arsitek Mande Austriono, praktisi mindfulness Adjie Santosoputro, komikus Nurfadli Mursyid "Tahilalats", dan scriptwriter Pijaru Getar Jagatraya.

Kompasianival 2018 juga bakal menyajikan hiburan dengan menghadirkan Standup Comedian Dzawin Nur Ikram, Kelompok Teater Pantomim Sena Didi Mime, dan pembacaan puisi oleh Sapardi Djoko Damono.

Tahun ini Kompasianival 2018 mengusung tema "Beyond Generation". Melalui tema tersebut, Kompasiana sebagai penyelenggara mengarapkan kegiatan ini dapat menjadi ruang bagi para blogger dan warganet untuk saling berinteraksi tanpa meributkan gap generasi. Sebaliknya, Kompasiana ingin mereduksi jarak dan perbedaan generasi.

Bagi Anda yang ingin hadirdi Kompasianival, silakan akses situs resmi Kompasianival 2018 (kompasianival.com) untuk mendaftar. Kegiatan ini gratis dan terbuka untuk umum.



Close Ads X