Eka Kurniawan Raih Penghargaan Sastra Internasional di Belanda

Kompas.com - 07/12/2018, 22:21 WIB
Eka Kurniawan Meraih Penghargaan Prince Claus Awards 2018 Dok. Frank van Beek / Pontas AgencyEka Kurniawan Meraih Penghargaan Prince Claus Awards 2018

KOMPAS.com - Kabar membanggakan, penulis Eka Kurniawan meraih penghargaan Prince Claus Awards 2018 kategori Sastra/Literatur, di Belanda (6/12/2018).

Penghargaan tahunan ini diberikan kepada individu, kelompok, atau organisasi bergerak di bidang kebudayaan yang karyanya memberikan dampak positif pengembangan masyarakat di Afrika, Asia, Amerika Latin dan Karibia.

Berdasarkan keterangan panitia Prince Claus Award, Eka Kurniawan terpilih karena kemampuannya menarasikan kisah-kisah imajinatif lewat keindahan prosa dan juga universalitas materinya.

Perlawanan terhadap pembungkaman

 

Eka, penulis kelahiran 28 November 1975 di Tasikmalaya ini dianggap mampu memberikan perlawanan terhadap tindakan politik sewenang-wenang dan membawa isu-isu sosial dalam bentuk yang akrab dengan masyarakat.

Penulis yang pernah mengenyam pendidikan filsafat Universitas Gadjah Mada ini juga dinilai mampu membentuk pemahaman sejarah di masyarakat guna membangun persepsi tentang sebuah negara dengan lebih baik.

Tidak hanya itu, Eka juga dinilai berhasil mengangkat budaya Indonesia lewat penceritaan kembali kisah dan mitologi lokal yang selama ini mulai terabaikan.

Baca juga: Pelajaran Menulis Paling Berharga dari Peraih Nobel Sastra VS Naipaul

 

Ia menggunakan kekuatan sastra dan literatur sebagai penyampai topik-topik krusial terutama dalam masa-masa ketika kebebasan berpendapat banyak dibungkam.

Dan terakhir, pengagum karya karya-karya Pramoedya Ananta Toer ini berhasil menarik perhatian dunia dengan menyampaikan sejarah Indonesia alternatif yang berdampak pada meningkatnya kesadaran dan pemahaman terhadap Indonesia.

Karya novel dan kumpulan cerpen

Novel pertamanya "Cantik Itu Luka" telah diterjemahkan ke lebih dari 30 bahasa, sementara novel keduanya, "Lelaki Harimau" telah diterbitkan dalam bahasa Inggris, Italia, Korea, Jerman dan Prancis.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X