Teknologi sebagai Alternatif Kreatif Pembelajaran Siswa

Kompas.com - 11/12/2018, 08:54 WIB
Hasil survei Cambridge International menempatkan siswa Indonesia sebagai pengguna teknologi untuk pendidikan di dunia. Dok. Cambridge InternationalHasil survei Cambridge International menempatkan siswa Indonesia sebagai pengguna teknologi untuk pendidikan di dunia.

KOMPAS.com -  Cambridge International melalui Global Education Census melakukan survei terhadap hampir 20.000 pelajar dan guru di seluruh dunia, dengan fokus pada 10 negara, termasuk Indonesia, Malaysia, Cina, India, Amerika Serikat, dan Argentina.

Penelitian yang baru pertama kali dilakukan dan dirilis secara global pada tanggal 13 November 2018 ini menunjukkan bahwa pelajar Indonesia termasuk pengguna teknologi tertinggi di dunia di bidang pendidikan. 

Di Indonesia, sebanyak 502 siswa dan 637 guru berpartisipasi dalam survei ini.  

Siswa Indonesia memang sangat akrab dengan teknologi, bukan hanya untuk media sosial, namun juga menggunakan teknologi di dalam kelas.

Pengguna tertinggi teknologi

Hasil studi ini membuktikan bahwa lebih banyak pelajar Indonesia yang menggunakan teknologi di dalam kelas, dibandingkan dengan pelajar di negara-negara lain, termasuk di negara-negara yang lebih maju.

Baca juga: Wah, Siswa Indonesia Pemakai Teknologi Tertinggi Dunia! Ini 7 Faktanya

 

Siswa Indonesia menduduki peringkat tertinggi secara global selaku pengguna ruang IT/komputer (40%) di sekolah. Mereka juga menduduki peringkat kedua tertinggi di dunia dalam penggunaan komputer desktop (54%), setelah Amerika Serikat.

Lebih dari duapertiga pelajar (67%) di Indonesia menggunakan smartphone di dalam pelajaran kelas, dan bahkan lebih sering untuk mengerjakan pekerjaan rumah (81%).

Perangkat tradisional lain seperti pulpen dan kertas masih digunakan oleh para siswa di kelas maupun di rumah sehari-hari, sedangkan papan tulis masih populer digunakan di ruang kelas, seperti yang diungkapkan oleh 90% guru di Indonesia.

Para pelajar di Indonesia juga berbeda tipis dengan Amerika Serikat sebagai pengguna laptop tertinggi untuk pekerjaan rumah 84%, dibandingkan dengan 85% di Amerika Serikat.

Teknologi untuk pendidikan

Tingginya tingkat keakraban dengan teknologi ini bukan hal yang mengejutkan di Indonesia, dimana pengguna internet telah mencapai 143,26 miliar orang di tahun 2017 berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X