Kompas.com - 12/12/2018, 09:44 WIB
Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan ITB Prof. Mindriany Syafila dalam konferensi pers Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, di Ruang Rapim A Gedung Rektorar ITB, Senin (10/12/2018). Dok. ITBDirektur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan ITB Prof. Mindriany Syafila dalam konferensi pers Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, di Ruang Rapim A Gedung Rektorar ITB, Senin (10/12/2018).

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) akan membuka 3 jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana untuk Tahun Akademik 2019/2020.

Hal tersebut seperti disampaikan Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan ITB Prof. Mindriany Syafila dalam konferensi pers berlangsung di Ruang Rapim A Gedung Rektorar ITB, Senin (10/12/2018).

Ketiga jalur tersebut yaitu:

1. Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

2. Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan

3. Seleksi Mandiri (SM) – ITB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kuota 3 jalur penerimaan

Dilansir dari laman resmi ITB, kuota masing-masing jalur seleksi tersebut yakni, untuk Fakultas atau Sekolah selain Fakultas Seni Rupa dan Desain (non-FSRD), ITB menerima lewat jalur SNMPTN (40%); SBMPTN (40%), dan SM-ITB (20%).

Kemudian untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), ITB menerima jalur SNMPTN (30%), SBMPTN (40%), SM-ITB (30%).

Baca juga: SBMPTN 2019: Tes Dulu, Daftar Belakangan

Berbeda dari tahun sebelumnya, ITB membuka Seleksi Mandiri dengan pertimbangan beberapa kondisi, pertama adanya perubahan ketentuan kuota jumlah pendaftar per sekolah pada jalur SNMPTN. Hal ini akan mengurangi kesempatan mahasiswa potensial untuk diterima di ITB melalui jalur SNMPTN.

Kedua, dijelaskan Prof. Mindriany, pelaksanaan SBMPTN 2019 seluruhnya berbasis UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan dikelola LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X