Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBJ Gelar Bincang Karya Nh. Dini: Pada Sebuah Novel

Kompas.com - 18/12/2018, 22:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Bentara Budaya Jakarta (BBJ) didukung Gramedia Pustaka Utama menyelenggarakan diskusi mengenang karya dan kiprah Nh. Dini dengan tajuk “Pada Sebuah Novel” pada Rabu, 19 Desember 2018 di Bentara Budaya Jakarta.

Acara ini sekaligus juga dimaknai sebagai sebentuk obituari atas berpulangnya sang sastrawan pada 4 Desember 2018 di Semarang.

Diskusi ini menghadirkan beberapa pembicara antara lain; Sapardi Djoko Damono (sastrawan dan guru besar FIB UI), Seno Gumira Ajidarma (Rektor Institut Kesenian Jakarta) dan Intan Paramaditha (novelis).

Baca juga: Gunung Ungaran, Novel Terakhir Karya Sastrawan NH Dini

Masing-masing pembicara akan membahas pertemuan mereka dengan karya-karya Nh. Dini serta peran kehadirannya bagi perkembangan kesusastraan di Indonesia.

Nh. Dini lahir di Semarang, 29 Februari 1936 dan sepanjang hidupnya telah menulis berbagai novel, cerita pendek, serta juga puisi.

Nh. Dini       Dok. Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin Nh. Dini

Pengalaman menulis diasahnya sejak masih di bangku sekolah dengan mengisi kolom di majalah dinding, di samping juga secara teratur menulis sajak dan cerita pendek.

Pada tahun 1952 sajak Nh. Dini dimuat dalam majalah Budaja dan Gadjah Mada di Yogyakarta, termasuk juga cerpen-cerpen yang makin sering mengisi halaman-halaman sastra di Majalah Kisah dan Mimbar Indonesia.

Sebagai pengarang produktif, Nh. Dini telah menulis puluhan buku. Beberapa judul yang dikenal dan dipujikan antara lain; "Pada Sebuah Kapal" (novel, 1972), "La Barka" (novel, 1975), "Padang Ilalang di Belakang Rumah" (novel, 1978), "Keberangkatan" (novel, 1987) dan sebagainya.

Kesenimanan Nh. Dini tidak hanya terbatas pada sastra. Bersama kakaknya, Teguh Asmar, Nh. Dini mendirikan perkumpulan seni “Kuntjup Seri” di Semarang yang kegiatannya berlatih karawitan, bermain sandiwara, dan menyanyi tembang Jawa maupun lagu Indonesia lainnya.

Bahkan sejak tahun 1986, Nh. Dini juga membina anak-anak untuk menulis di Pondok Sekayu, Desa Kedung Pani.

Bentara Budaya Jakarta (BBJ) didukung Gramedia Pustaka Utama menyelenggarakan diskusi mengenang karya dan kiprah Nh. Dini dengan tajuk ?Pada Sebuah Novel? pada Rabu, 19 Desember 2018 di Bentara Budaya Jakarta.Dok. BBJ Bentara Budaya Jakarta (BBJ) didukung Gramedia Pustaka Utama menyelenggarakan diskusi mengenang karya dan kiprah Nh. Dini dengan tajuk ?Pada Sebuah Novel? pada Rabu, 19 Desember 2018 di Bentara Budaya Jakarta.

“Kita tentu merasa kehilangan seorang pengarang besar, yang sepanjang hidupnya didedikasikan bagi kesusastraan termasuk pengajaran kepenulisan. Demi bagian dari upaya untuk mengingat karya dan kiprahnya, acara seperti ini juga akan diselenggarakan di kota-kota lainnya," ujar Frans Sartono, Direktur Program Bentara Budaya.  

Acara ini rencananya akan diadakan pula di Bentara Budaya Yogyakarta, Bentara Budaya Solo, Bentara Budaya Bali, Surabaya dan di kota kelahiran Nh. Dini, yaitu Semarang, tambah Frans Sartono

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com