Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FISIP UI Resmikan Kelas Khusus Pembelajaran Jarak Jauh

Kompas.com - 18/12/2018, 23:47 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - FISIP UI resmi memiliki satu kelas khusus pembelajaran jarak jauh (Distance Learning Classroom).

Kelas ini awalnya merupakan kelas laboratorium komputer yang kemudian dimodifikasi dengan beberapa teknologi terkini hasil kolaborasi dengan Busan University of Foreign Studies, Republik Korea.

Teknologi tersebut antara lain Sistem Papan Tulis Elektronik (E-Board Systems), Digital Information Display, Printer 3D beserta bahannya, serta komputer terbaru berjumlah 21 buah.

Dengan adanya teknologi-teknologi tersebut, kelas ini tidak hanya memungkinkan tatap muka antar kelas jarak jauh melalui layar yang terhubung, tetapi juga memungkinkan para peserta dalam dua kelas tersebut untuk berinteraksi melalui satu papan tulis yang terhubung secara real time.

Baca juga: FIA UI Peduli Batik Betawi

Dilansir dari laman resmi UI, aktivitas pembelajaran jarak jauh ini didukung IDREN (Indonesia Research & Education Network) dan KOREN (Korea Advanced Research Network).

Dua jaringan riset nasional antar institusi perguruan tinggi nasional ini terhubung dalam REN Global untuk menyediakan sumber daya pembelajaran bersama termasuk akses jaringan.

Pada acara peresmian yang Dekan FISIP UI Arie Setiabudi Soesilo, Rektor Universitas Indonesia, Prof. Muhammad Anis dan perwakilan Busan University sekaligus Director of Distance Learning Project, Prof. Jeong Bae Lee.

Pada kesempatan tersebut dilakukan simulasi pembelajaran jarak jauh dengan materi singkat bahasa Korea oleh Dosen Busan University yang terhubung dalam layar.

Teknologi terbaru dalam bidang komunikasi dan informasi seperti yang tersedia dalam kelas pembelajaran jarak jauh ini menjadi sebuah alat yang sangat dibutuhkan dalam era ini, terutama untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, seperti yang disampaikan oleh Prof. Anis.

“Kita mendapatkan fasilitas tambahan yang mengantarkan universitas kita mencapai teknologi baru, khususnya teknologi informasi dan komunikasi, untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Saya mengapresiasi kontribusi untuk mewujudkan adanya fasilitas ini," ujar Prof. Anis dalam sambutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com