10 Negara yang Sangat Menghormati Profesi Guru, Bagaimana Indonesia?

Kompas.com - 20/12/2018, 09:06 WIB
Zuliawati Ninggsih, Guru SDN 004 Malinau Kota, Kabupaten Malinau membimbing anak yang lamban membaca dengan menggunakan kartu huruf. Penggunaan metode ini dinilai berhasil membantu anak lebih cepat membaca. Dok. Inovasi KaltaraZuliawati Ninggsih, Guru SDN 004 Malinau Kota, Kabupaten Malinau membimbing anak yang lamban membaca dengan menggunakan kartu huruf. Penggunaan metode ini dinilai berhasil membantu anak lebih cepat membaca.

KOMPAS.com - Studi terbaru dilakukan Varkey Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan meningkatkan pendidikan anak-anak kurang mampu, mengukur bagaimana profesi guru dihormati di seluruh dunia.

Survei "Global Teacher Status Index 2018" ini dilakukan di 35 negara, termasuk Indonesia, dengan meminta pendapat lebih dari 1.000 orang di setiap negara untuk memberikan pandangan mereka tentang profesi guru.

Untuk "Global Teacher Status Index 2018", organisasi tersebut meminta lebih dari 1.000 orang di setiap negara untuk memberi penilaian tentang profesi guru dan memberi peringkat pada skala 0-100.

10 negara menempatkan guru profesi terhormat

Berdasarkan survei ini berikut pemeringkatan 10 negara yang memandang guru sebagai profesi yang terhormat:

1. China

2. Malaysia

3. Taiwan 

4. Rusia

5. Indonesia

Baca juga: Inilah 6 Pesan Penting Peringatan Hari Guru Nasional 2018

6. Korea 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X