10 Negara yang Sangat Menghormati Profesi Guru, Bagaimana Indonesia?

Kompas.com - 20/12/2018, 09:06 WIB
Zuliawati Ninggsih, Guru SDN 004 Malinau Kota, Kabupaten Malinau membimbing anak yang lamban membaca dengan menggunakan kartu huruf. Penggunaan metode ini dinilai berhasil membantu anak lebih cepat membaca.Dok. Inovasi Kaltara Zuliawati Ninggsih, Guru SDN 004 Malinau Kota, Kabupaten Malinau membimbing anak yang lamban membaca dengan menggunakan kartu huruf. Penggunaan metode ini dinilai berhasil membantu anak lebih cepat membaca.

KOMPAS.com - Studi terbaru dilakukan Varkey Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan meningkatkan pendidikan anak-anak kurang mampu, mengukur bagaimana profesi guru dihormati di seluruh dunia.

Survei "Global Teacher Status Index 2018" ini dilakukan di 35 negara, termasuk Indonesia, dengan meminta pendapat lebih dari 1.000 orang di setiap negara untuk memberikan pandangan mereka tentang profesi guru.

Untuk "Global Teacher Status Index 2018", organisasi tersebut meminta lebih dari 1.000 orang di setiap negara untuk memberi penilaian tentang profesi guru dan memberi peringkat pada skala 0-100.

10 negara menempatkan guru profesi terhormat

Berdasarkan survei ini berikut pemeringkatan 10 negara yang memandang guru sebagai profesi yang terhormat:

1. China

2. Malaysia

3. Taiwan 

4. Rusia

5. Indonesia

Baca juga: Inilah 6 Pesan Penting Peringatan Hari Guru Nasional 2018

6. Korea 

7. Turki

9. India

10. Selandia Baru

Fakta lain seputar penghargaan profesi guru

Temuan itu mengungkapkan bahwa profesi guru menikmati status dihormati tertinggi di China, di mana mereka mendapat nilai sempurna 100. Profesi guru juga mendapat penghargaan tinggi di Malaysia.

Jepang dan Singapura yang memiliki skor tinggi untuk akademik siswa PISA justru memiliki skor di bawah 40, jauh kurang dihargai daripada rekan-rekan mereka di negara Asia lain yang disurvei.

Indonesia berada di posisi ke 5 masih berada di atas Korea, India dan Selandia Baru di mana profesi guru masih dihormati dengan skor diatas rata-rata 60 dibanding pekerjaan lain.

Situasinya jauh lebih buruk di Brasil dan Israel di mana profesi guru mendapat status hanya 1 dan 6,5.

Survei Global Teacher Status Index 2018"  juga diikuti dengan temuan menarik lain dalam tren umum di 35 negara seputar profesi guru:

  • Orang yang lebih tua cenderung lebih menghargai profesi guru
  • Lulusan sekolah menghormati guru lebih dari dari non-lulusan
  • Pria lebih menghormati guru daripada wanita
  • Orangtua menghormati guru lebih daripada mereka yang belum memiliki anak
  • Mereka yang beragama Islam lebih menghargai guru




Close Ads X