Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orasi Menteri PUPR: Pembangunan Infrastruktur Merupakan Pilihan Logis

Kompas.com - 20/12/2018, 18:15 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, dalam Malam Orasi Penerima Anugerah Hamengku Buwono IX dalam rangka Dies Natalis ke-69 UGM (19/12/2018) mengungkapkan kebijakan pemerintah menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai prioritas utama merupakan pilihan logis.

Pembangunan infrastruktur, menurutnya, merupakan syarat fundamental sebuah bangsa mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Percepatan pembangunan infrastruktur adalah sebuah kebutuhan yang sangat mendesak bagi Indonesia mengingat masih relatif terbatas dan tidak meratanya kondisi dan ketersediaan infrastruktur," jelas Basuki seperti dilansir dari laman resmi UGM

Tantangan pembangunan infrastruktur

Masih rendahnya indeks daya saing Indonesia di antara negara-negara di dunia salah satunya disebabkan oleh keterbatasan infrastruktur, tegasnya .

Basuki memaparkan berbagai pencapaian pembangunan infrastruktur telah dilakukan pemerintah antara 2015-2018, di antaranya pembangunan 64 ruas tol, 51 bendungan, 7 pos lintas batas negara, 7 sistem penyediaan air minum, serta pelaksanaan program satu juta rumah.

Baca juga: Menteri PUPR Raih Penghargaan Hamengkubuwono IX Award dari UGM

Meski demikian, langkah ini menghadapi tantangan besar, mulai dari terbatasnya anggaran, adanya keraguan bahkan resistensi sejumlah kalangan terhadap kebijakan pembangunan infrastruktur, hingga tantangan implementasi teknis di lapangan yang membutuhkan keseriusan, kerja keras dan dedikasi yang sangat tinggi.

"Banyak isu yang beredar di publik yang bersifat kontraproduktif terhadap terhadap pembangunan infrastruktur," ujarnya.

Ia menyadari bahwa di sejumlah proyek yang dibangun masih ditemukan kelemahan yang menjadi catatan bagi perbaikan ke depan.

Meski demikian, ia meyakini pembangunan infrastruktur benar-benar akan memberikan manfaat seluas-luasnya untuk mempersatukan bangsa dari Sabang sampai Merauke, meningkatkan daya saing, serta mewujudkan keadilan sosial bagi semua.

Penyerahan penghargaan UGM

Sebelumnya, Rektor UGM serta Ketua Senat Akademik UGM menyerahkan anugerah tersebut kepada Basuki atas jasa serta keteladanan selama menjabat sebagai menteri.

"Beliau mempunyai ide-ide luar biasa dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur serta mempunyai integritas yang tinggi sebagai pribadi dan pejabat pemerintah," tutur Rektor UGM, Prof Panut Mulyono.

Panut menyampaikan, anugerah ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap individu yang berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, serta kemanusiaan, sesuai dengan teladan Hamengku Buwono IX.

"Selamat kepada Pak Basuki, semoga bisa terus meningkatkan dedikasi Bapak kepada nusa dan bangsa. Kami menunggu kiprah Bapak di waktu mendatang untuk kemajuan Indonesia," ucap Panut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com