Kompas.com - 10/01/2019, 20:57 WIB

Kompas.com - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) melakukan kunjungan ke Kompas Gramedia Group pada 8 Januari 2018 lalu. Sekitar 25 anggota dari komunitas PPI hadir dalam kegiatan ini di antaranya berasal dari PPI Australia, Singapura, Malaysia, UK dan Hongkong.

Kegiatan bersama antara Kalibrr Indonesia dan Kompas Gramedia Group ini diharapkan mampu memberikan gambaran mahasiswa PPI pada dunia kerja dalam unit bisnis di KG Group.

"Kalibrr memiliki visi untuk membantu perusahaan dalam menemukan talenta yang tepat dan juga membantu jobseeker dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginanannya," ujar Diah Diah Wahyu Asih, Partnership Associate Kalibrr Indonesia.

Baca juga: Kompas Gramedia Usung Kampung Koran di Indonesia Philantrophy Festival

Ia menambahkan ini merupakan cara Kalibrr menghubungkan perusahaan dan talenta-talenta yang berminat di perusahaan tersebut.

Mengenal lebih dalam

Selain menyaksikan langsung suasana kerja di beberapa unit kerja KKG, para mahasiswa PPI juga diperkenalkan pada karakteristik dan budaya perusahaan. Salah satunya disampaikan oleh Muhammad Latief, Manager Konten Marketing Kompas Group. 

Zaman serba digital, sangat mudah bagi jobseeker untuk mencari tahu informasi seputar perusahaan. Sayangnya, berdasarkan data Kaliberr, terdapat beberapa jenis informasi yang dicari jobseeker tetapi tidak disebarkan secara umum oleh perusahaan, misalnya testimoni karyawan suatu perusahaan. 

"Sekitar 68% milenial Indonesia merasa testimoni karyawan perusahaan adalah hal yang penting untuk dicari sebelum melamar. Akan tetapi hanya 30% dari mereka yang menyatakan bahwa mereka berhasil mendapatkan testimoni tersebut dari beragam channel," ujar Diah.

Dengan demikian, terdapat lebih dari setengah populasi ini tidak mendapatkan hal tersebut, dan dapat berdampak terhadap kepuasan mereka dalam melamar kerja. 

Tantangan pencari kerja milenial

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) melakukan kunjungan ke Kompas Gramedia Group pada 8 Januari 2018 lalu.Dok. Kompas.com Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) melakukan kunjungan ke Kompas Gramedia Group pada 8 Januari 2018 lalu.

"Tantangan jobseeker tidak berakhir di tahap attraction dan application, riset kami juga menemukan bahwa bagi mereka yang sudah melamar tetapi tidak lolos kualifikasi. Sekitar 59 persen milenial jobseeker Indonesia tidak mendapat komunikasi dalam bentuk apapun dari perusahaan pemberi kerja," jelas Diah.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.