Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Dibuka, Pendaftaran Beasiswa Orange Tulip ke Belanda!

Kompas.com - 11/01/2019, 09:34 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran Orange Tulip Scholarship (OTS) sudah dibuka untuk tahun akademik 2019 - 2020. Sebagai pencetus sekaligus pengelola program beasiswa ini Nuffic Neso Indonesia mengundang para mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

"Ada 65 program beasiswa dengan total nilai beasiswa mencapai lebih dari 700.000 Euro. Tapi, OTS ini program beasiswa parsial, jadi tidak akan mendanai secara penuh. Beasiswa parsial ini ditawarkan oleh universitas di Belanda dan dikelola oleh Nuffic Neso Indonesia," ujar Koordinator Promosi Pendidikan Nuffic Neso Indonesia, Inty Dienasari, Jumat (11/1/2018), di Kantor Nuffic Neso Indonesia.

Inty menjelaskan, tujuan OTS memang untuk meningkatkan kesempatan anak-anak Indonesia bisa melanjutkan studi di Belanda, terutama para pelajar unggulan yang berminat mengikuti studi pada jenjang sarjana (bachelor) atau pascasarjana (master).

"Jumlah beasiswa yang ditawarkan masing-masing institusi pendidikan ini berbeda-beda. Secara umum, penerima beasiswa akan mendapatkan potongan mulai dari 30 persen sampai 100 persen biaya studi atau tanggungan biaya hidup per bulan," papar Inty.

Adapun sisa biaya yang tidak didanai oleh OTS akan ditanggung oleh penerima beasiswa dengan sumber dana pribadi atau sponsor lainnya.

Inty menjelaskan, program studi yang ditawarkan dalam program beasiswa ini juga beragam, mulai ekonomi, bisnis, medical sciences, seni budaya, komunikasi internasional, dan lainnya. Universitas yang berpartisipasi dalam program ini di antaranya University of Amsterdam yang menduduki peringkat 100 besar di Times Higher Education dan QS World University Ranking.

"University of Amsterdam memberikan potongan biaya pendidikan sampai 12,000 Euro, sedangkan University of Groningen Graduate School of Medical Sciences memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk memperoleh pengetahuan akademik di bidang medis dan universitas dengan potongan biaya pendidikan sampai 36,000 Euro dan biaya hidup per bulan sampai sebesar 875 Euro," ujar Inty.

Anda tertarik? Untuk mendaftar OTS sebetulnya cukup mudah dan persyaratannya bisa langsung dilihat di situs Nuffic Neso Indonesia.

Secara umum persyaratan yang diperlukan di antaranya adalah formulir OTS dan bukti pendaftaran program studi atau surat penerimaan (letter of acceptance) dari institusi pendidikan yang ada dalam skema OTS.

Jangan ketinggalan! Pendaftaran OTS sudah dibuka dengan batas waktu bervariasi antara 1 Januari sampai 1 Mei 2019. Informasi lebih lanjut tentang daftar perguruan tinggi Belanda dalam skema OTS, program studi yang ditawarkan, prosedur pendaftaran, serta deadline dapat dilihat di www.nesoindonesia.or.id/ots/skema2019-2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com