DQLab
Komunitas data scientist

Komunitas praktisi dan industri dalam program belajar data science oleh DQLab (dqlab.id).

Ternyata Begini "Data Science" Memprediksi Penggunaan Kartu Prabayar

Kompas.com - 11/01/2019, 15:53 WIB
Meet Up ke-6 DQLab membahas tema Data Science: Memprediksi Perilaku Pelanggan Kartu Pra-bayar di 3 Bulan Pertama. Dok. DQLabMeet Up ke-6 DQLab membahas tema Data Science: Memprediksi Perilaku Pelanggan Kartu Pra-bayar di 3 Bulan Pertama.

KOMPAS.com - Pendapat industri telekomunikasi merupakan tulang punggung dunia digital modern rasanya akan sangat sulit untuk terbantahkan. Bagaimana tidak, di zaman serba digital ini hampir setiap aktivitas komunikasi dilakukan melalui smartphone.

Aktifitas chatting, browsing, social media, voice call, hingga video call akan tercatat dan terekam sehingga menghasilkan milyaran data.

 

Beberapa waktu lalu industri telekomunikasi tanah air sempat dihebohkan dengan adanya regulasi yang mengharuskan pengguna melakukan registrasi prabayar.

Sebenarnya ada sisi positif dapat ditarik dari regulasi ini. Data pelanggan dapat menjadi lebih valid serta dapat mengurangi efek kejahatan (cyber security).

Registrasi juga dapat menyehatkan industri dengan mengurangi para pemakai yang suka berpindah-pindah (swinger or rotational churner), serta mengurangi biaya produksi pembuatan kartu.

 

Walaupun positif, tidak semua pengguna smartphone mau berpindah ke kartu prabayar.

Lalu, bagaimana sebenarnya perilaku pengguna kartu prabayar berdasarkan data? Bagaimana pula data dapat menunjukkan seberapa besar pengguna dapat bertahan (survival status) dalam penggunaan kartu prabayar?

Memprediksi perilaku pengguna prabayar

 

Implementasi ilmu data science ternyata dapat digunakan memprediksi apakah pengguna akan tetap berlangganan kartu prabayar 90 hari setelah mengaktivasi kartu tersebut.

Vincent Adhi Handara, praktisi data dcientist dari salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia menjelaskan metode yang dapat digunakan memprediksi perilaku pelanggan kartu prabayar tersebut.

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.