Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UGM Raih "Best Presenter" Seminar Internasional di Malaysia

Kompas.com - 14/01/2019, 21:42 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa Program Studi S2 Teknik Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Patriasia Hesti Tri Nugraheni meraih gelar "Best Presenter" dalam seminar "7th International Conference on Applied Sciences and Engineering Application (7th ICASEA)".

Seminar internasional tersebut diikuti 20 peserta dari berbagai negara di dunia. Melalui kegiatan ini para peserta yang terdiri dari akademisi, peneliti, dan praktisi diberikan kesempatan berbagi pengalaman hasil riset dalam bidang keteknikan dan ilmu pengetahuan terapan.

Dilansir dari laman resmi UGM (14/1/2019), Patriasia berhasil meraih gelar best presenter usai mempresentasikan penelitian berjudul “Mapping The Variable-Rate Application (VRA) Of Precision Fertilizing For Soybean”.

Baca juga: Mahasiswa Diminta Jangan Hanya Andalkan Ilmu di Kuliah Saja

“Penelitian ditujukan untuk menghasilkan peta rekomendasi pemupukan tanaman kedelai secara presisi sehingga tanaman kedelai mendapatkan dosis pemupukan yang tepat,” ujar Patriasia.

Dalam penelitiannya Patriasia melakukan pengukuran kadar N, P, dan K dalam tanah dengan lahan seluas 1.000 m2. Lahan tersebut dipetakan dengan ukuran 10m x 10m untuk melihat sebaran kadar N, P dan K tanah yang selanjutnya dibuat peta rekomendasi pupuk untuk tiap-tiap petak agar lebih presisi.

Dalam seminar internasional tersebut Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Prodi Pascasarjana, tidak hanya mengirimkan Patriasia namun juga mengirim satu mahasiswa program doktoral, Sari Virgawati.

“Prestasi ini harapannya bisa memotivasi para mahasiswa untuk terus berkarya lebih baik lagi, berkontribusi bagi kemajuan bangsa, dan mengharumkan UGM,” ujar Patriasia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com