Kompas.com - 18/01/2019, 22:37 WIB
Kerja sama nota kesepahaman Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbid dan Gubernur DKI Jakarta di Balairung Balai Kota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (17/1/2019). KemendikbudKerja sama nota kesepahaman Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbid dan Gubernur DKI Jakarta di Balairung Balai Kota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (17/1/2019).

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru, pendidik lainnya, dan tenaga kependidikan.

Kerja sama ini diwujudkan dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, atas nama Mendikbud, Supriano, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balairung Balai Kota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (17/1/2018).

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dimana nota kesepahaman ini adalah upaya untuk menjawab bahwa masalah pendidikan harus ditangani bersama-sama, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, termasuk masyarakat,” ucap Supriano seperti dikutip dari siaran pers Kemendikbud.

Baca juga: Jawab Keluhan Guru, Pemprov Bangka Belitung Alokasikan Rp 25 Miliar untuk SMA/SMK

“Penyelenggaraan baik itu pelatihan ataupun penguatan dapat menggunakan dana APBD, dengan kontrol dari Kemendikbud. Materi atau kurikulum kita yang membuat dan kemudian para Instruktur termasuk sertifikatnya pun kita ikut bersama-sama menandatanganinya,” jelas Supriano

Kerja sama ini, kata Supriano, dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Mudah-mudahan ini menjadi pendorong bagi daerah-daerah lain agar kita bisa melakukan kerja sama dan bisa sharing anggaran untuk proses peningkatan mutu, terutama melalui pengawas dan kepala sekolah,” terang Supriano.

Pada kesempatan ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan apresiasi kepada Kemendikbud atas kerja sama yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan. 

Anies Baswedan mengatakan, pelatihan guru dan tenaga kependidikan dapat dilakukan di Provinsi DKI Jakarta. “Kita ingin dari kerja sama ini mutu kepemimpinan para kepala sekolah bisa meningkat. Harapannya ekosistem sekolah yang baik akan bisa tumbuh,” tutur Gubernur.

Gubernur DKI Jakarta berharap materi-materi pendidikan guru dan tenaga kependidikan benar-benar materi sesuai dengan tantangan pendidikan kekinian dan memiliki unsur peningkatan kualitas kepemimpinan, bukan saja beraspek kependidikannya tetapi juga kepemimpinannya.

“Saya sangat mengapresiasi Kemendikbud telah mendukung Pemrov DKI Jakarta untuk bisa menjalankan amanat bidang kependidikan. Insyaallah ini menjadi fondasi untuk kerja sama lebih jauh dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ungkap Gubernur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.