Kompas.com - 19/01/2019, 09:06 WIB
Ilustrasi digital SHUTTERSTOCKIlustrasi digital

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski dimudahkan dengan akses informasi berbasis digital, mahasiswa "zaman now" yang ingin berinvestasi, khususnya di pasar modal, harus memahami 4 hal dasar ini.

Direktur Utama Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) Stephanus Paulus Lumintang dan Chief Business PT Rifan Financindo Berjangka (CFB) Teddy Prasetya mengatakan hal itu dalam diskusi dengan media terkait literasi keuangan untuk generasi masa kini, pada Kamis (17/1/2019).

Amankah saya berinvestasi?

Menurut Paulus, pertanyaan amankah saya berinvestasi adalah hal pertama yang harus dipahami.

"Kan kalau berinvestasi, harus berhitung dan menganalisa dari awal. Ini berlaku untuk semua kalangan yang ingin berinvestasi ya," kata Paulus.

Seberapa besar pengembalian investasi?

Paulus menerangkan, investasi itu mengejar return atau pengembalian investasi. "Berapa persen pengembaliannya. Itu harus diketahui dari awal," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana cara bertransaksi dalam investasi?

Hal berikut yang juga mesti dipahami adalah cara bertransaksi dalam berinvestasi. Menurut hemat Paulus, bahkan mahasiswa masa kini, juga harus paham betul cara tersebut di atas.

Baca juga: Jelang Pemilu 2019, Polri Ajak Mahasiswa Perangi Hoaks

Berkenaan dengan hal tersebut, dari sisi perusahaan investasi, imbuh, Teddy Prasetya, harus tetap diutamakan transparansi pengelolaan investasi dan pelayanan. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.