Dubes RI untuk Myanmar Beri Kuliah Umum di UI

Kompas.com - 19/01/2019, 22:03 WIB
Dubes RI untuk Myanmar memberikan kuliah umum di UI dengan tema ?Transformasi Sosial dan Politik di Myanmar serta Kasus Rakhine State? di UI, 15 Januari 2019. Dok. UIDubes RI untuk Myanmar memberikan kuliah umum di UI dengan tema ?Transformasi Sosial dan Politik di Myanmar serta Kasus Rakhine State? di UI, 15 Januari 2019.

KOMPAS.com- Universitas Indonesia ( UI) menggelar kuliah umum bertajuk “Transformasi Sosial dan Politik di Myanmar serta Kasus Rakhine State” di Miriam Budiardjo Resource Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (MBRC FISIP UI), 15 Januari 2019. 

Kuliah umum tersebut menghadirkan Duta Besar Republik Indonesia untuk Myanmar, Irjen. Pol. Prof. Iza Fadri sebagai pembicara.

Pada pemaparannya, Iza menjelaskan beberapa hal di antaranya 4 tahap dilalui dalam perubahan atau transformasi politik negara Myanmar.

Menurutnya, transformasi tersebut terdiri dari Rekonsiliasi, Perdamaian, Demokratisasi, dan Pembangunan.

Kemudian, tahap yang dilalui adalah Rekonsiliasi. Menurut Iza, seseorang harus mampu melampaui batas-batas kebencian dan kecemburuan.

Baca juga: Alumni UI Buka Program Beasiswa Keperawatan

“Dengan begitu, seseorang dapat memikirkan rekonsiliasi dan kedamaian,” jelas Iza seperti dilansir dari laman resmi UI.

Tahap selanjutnya adalah Perdamaian. Pada tahap ini, kelompok etnis bersenjata yang ada di Myanmar menuntut perubahan konstitusi.

Tanpa perubahan tersebut, mereka tidak akan menyetujui kesepakatan damai.

Lalu, Myanmar memasuki tahap Demokratisasi. Pada tahap ini, politik Myanmar berfokus pada penegakkan hukum, penghormatan hak asasi manusia (HAM), dan reformasi birokrasi.

Tahap terakhir, papar Iza, adalah tahap Pembangunan. “(Pembangunan) Dipersembahkan untuk kepentingan semua lapisan masyarakat,” jelasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X