Kompas.com - 19/01/2019, 23:43 WIB

KOMPAS.com - Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian (PSKP) UGM menerbitkan buku berjudul “Dua Menyemai Damai: Peran dan Kontribusi Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama dalam Perdamaian dan Demokrasi”.

Hasil riset peneliti PSKP ini diterbitkan di tengah munculnya wacana pengusulan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama untuk menerima Hadiah Nobel. Buku ini menyajikan narasi-narasi berbagai aktor yang terhimpun dalam dua ormas keagamaan Islam terbesar di Indonesia bahkan dunia ini.

“Buku ini menggambarkan kontribusi dua organisasi ini dalam peran-peran konstruktif dan kontributif di Indonesia,” tutur Kepala PSKP, Muhammad Najib Azca dalam acara peluncuran sekaligus bedah buku, Kamis (17/1/2019) di Gedung Pusat UGM, Yogyakarta.

Reputasi Indonesia sebagai negara Muslim yang demokratis, ujar Najib, telah banyak diakui berbagai kalangan. Islam di Indonesia disebut sebagai ‘the smiling face of Islam in the world’.

Kontribusi NU dan Muhammadiyah

 

Beberapa sarjana bahkan seringkali menyebut ‘Islam Indonesia’ bersama ‘Islam Anatolia’ di Turki sebagai masa depan Islam di dunia yang akan menghadirkan perdamaian, inklusif, toleran, ramah terhadap keragaman, berwawasan ke depan dan sejalan dengan nilai-nilai demokrasi.

Baca juga: Tony Prasetiantono Dimakamkan di Makam Keluarga Besar UGM

“Selain berhasil mengawal proses transisi demokrasi di dalam negeri, kedua ormas Islam ini juga aktif berkontribusi dalam proses pembangunan perdamaian di kancah regional dan internasional,” terangnya dikutip dari laman resmi UGM.

Kedua ormas ini juga dinilai berperan penting dalam proses demokratisasi di Indonesia karena mengembangkan argumen-argumen keagamaan yang selaras dengan nilai-nilai demokrasi dan penguatan masyarakat sipil.

Mengelola kemajemukan

 

Untuk itu, PSKP mengambil inisiatif untuk menyelenggarakan rangkaian kegiatan Riset, Publikasi dan seminar internasional bertajuk “Islam Indonesia di Pentas Global: Inspirasi Damai Nusantara untuk Dunia” yang salah satu kegiatannya diwujudkan dalam acara bedah buku ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.