Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Kenalkan Profesi Petani kepada Anak

Kompas.com - 20/01/2019, 16:48 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Rasanya tidak salah kalau orangtua mengenalkan profesi petani kepada putra-putrinya sejak dini mengingat pertanian merupakan salah satu tulang punggung perekonomian kita.

Saat ini profesi bidang pertanian mampu memberi jaminan kehidupan tidak sedikti. Terlebih ke depan dengan bonus demografi besar, mau tidak mau ketahanan pangan dan agrikultur menjadi isu sentral yang sulit ditepis. 

Dikutip dari laman resmi forum Sahabat Keluarga Kemendikbud, ada berbagai cara mengenalkan profesi petani kepada anak:

1. Melalui permainan

Dunia anak adalah dunia bermain, kita dapat mengenalkan profesi petani ini dengan bermain. Misal mengajak anak bermain peran menjadi petani.

Baca juga: Ironi Negara Agraris Tanpa Petani, Miris...

 

Dengan memanfaatkan mainan ajaklah anak bermain mengolah tanah, menanam padi atau jagung, dan bila ada hama disemprot dengan mainan semprotan airnya untuk memberantas hama. Setelah itu sediakan jagung bakarnya, dan nikmati hasil panennya. Mudah, kan?

2. Lewat bernyanyi

Selain suka bermain, anak-anak juga suka bernyanyi. Masih ingat lagu yang diajarkan saat masih kecil, Menanam Jagung?

Nah, sambil bernyanyi kita dapat mengenalkan profesi petani pada anak-anak. Harapannya negara agraris kita tidak miskin petani andal. Benar-benar menjadi negara maju dalam bidang pertanian, pangan, perkebunan, dan perikanan. Bukan negara agraris pengimpor pangan.

3. Dengan berbelanja

Anak-anak juga sangat senang bila diajak berbelanja, ke pasar atau ke swalayan. Ajaklah mereka belanja bahan pangan seperti membeli beras, cabai, sayuran. Ketika membeli beras atau bahan pangan lain, tanyakan pada ananda, ”Adek, siapa yang menghasilkan beras, atau siapa yang menanam cabe? Bagaimana kalau tidak ada beras?”

Nah, dari respons diberikan anak, orangtua dapat mengenalkan profil petani. Anak akan memiliki konsep betapa pentingnya petani dan tidak menganggap sebagai profesi buruk.

4. Belajar berkebun

Pengalaman langsung sangat berkesan dan memberikan memori lebih lama pada anak. Ajaklah anak bertani, bercocok tanam atau berkebun, atau sekadar berlatih menanam dan memelihara tanaman di depan rumah.

Cobalah kenalkan profesi petani dalam artian luas yang tidak harus melulu belepotan tanah, menyemprot hamapun menggunakan pesawat, memanen padi pun menggunakan peralatan canggih. Ceritakan hal keren tentang petani, sehingga anak-anak mempunyai gambaran baik tentang profesi ini.

5. Wisata agraris

Sekarang ini banyak sekali lokasi wisata yang memfasilitasi anak belajar mengenal profesi petani. Kita dapat mengajak anak berwisata ke agrowisata, misalnya wisata memetik buah, memerah susu, menanam hidroponik, atau wisata lainnya.

Dengan mengunjungi tempat tersebut, rasa ingin tahu anak yang tinggi akan menuntun mereka menanyakan hal-hal yang mereka amati selama berwisata. Menyenangkan bukan, berwisata sambil belajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com