Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakultas Psikologi Undip Tempati Gedung Baru, "Gedung Magenta"

Kompas.com - 20/01/2019, 18:39 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Yos Johan Utama meresmikan gedung baru Fakultas Psikologi Undip, di kampus Undip Tembalang, Kamis (17/1/2019).

Peresmian ditandai secara simbolis dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor dan Dekan Psikologi, Hastaning Sakti kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Ibu Darmanto Jatman, istri Prof. Darmanto Jatman (alm), salah satu Guru Besar Psikologi pendiri Fakultas Psikologi.

Rektor Undip berharap gedung baru ini menjadi penyemangat Fakultas Psikologi agar tetap optimis dan semakin meningkatkan kinerja.

“Gedung baru ini sebagai salah satu bentuk pengembangan Fakultas Psikologi berawal dari mimpi, dan akhirnya mimpi itu terwujud, tentunya menjadi pendorong bagi Undip untuk terus menjadi hebat, terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan” kata Prof Yos dikutip dari berita resmi Undip.

Baca juga: Genteng Anti Gempa Inovasi Mahasiswa Undip Raih Emas di Jerman

Lokasi gedung baru Fakultas Psikologi ini berada di belakang perpustakaan Undip Widya Puraya atau sebelah barat daya Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB). 

Koordinator pembangunan gedung, Herry Suliantoro menyampaikan gedung setinggi 54 meter dengan 8 lantai, dibangun sejak 29 September 2017 - 13 September 2018  dan menelan biaya Rp 47,6 M dari pagu anggaran Rp. 53 M.

Saat ini baru dibangun kurang lebih 7500 m2 (dari total luas bangunan kurang lebih 17.000 m2) dan sisanya tahap kedua nanti.

“Gedung ini mampu mengakomodir kebutuhan fakultas dengan fasilitas sampai 20 tahun ke depan. Ini merupakan gedung pertama di Undip yang didesain dengan perencanaan mempertimbangkan aspek-aspek green building,” ungkap Herry yang juga dosen Fakultas Teknik Undip.

Sementara itu Dekan Fakultas Psikologi Undip, Hastaning Sakti dalam sambutannya menyampaikan saat ini gedung baru fakultas psikologi yang dinamai "Gedung Magenta”  (sesuai warna bendera fakultas Psikologi) merupakan gedung tertinggi di Kampus Tembalang, dengan pemandangan indah menghadap Laut Jawa.

“Kenapa menghadap laut, ini dulu piweling dari senior dan penggagas berdirinya fakultas psikologi, salah satunya Prof. Darmanto Jatman (alm), yang ngendika kalau fakultas psikologi itu kudu madep ning laut. Filosofi laut dalam Hasta Brata artinya luas dan dalam. Maknanya luas berpengetahuan psikologi dan mendalam dalam menganalisis jiwa," jelas Hastaning Sakti.

Pakar psikologi transpersonal Undip itu juga mengatakan gedung ini dibangun dengan konsep ramah lingkungan dan ramah difable, mengutamakan safety building dengan lift dan anak tangga ergonomis sehingga diharapkan akan menjadi Undip’s First Bioclimatic and Biophilic Green Building.

“Gedung Magenta ini selain berfungsi untuk ruang kuliah dengan sarana prasarananya, juga sebagai penanda lokasi Undip, karena kalau dilihat dari pantai atau pesawat, akan tampak lokasi gedung Magenta yang tinggi menonjol dengan logo Undip dan lambang Trisula ciri khas fakultas psikologi,” tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com