Kompas.com - 20/01/2019, 22:53 WIB
Ryan, sang YouTuber berusia 7 tahun dengan pendapatan terbesar tahun ini. YouTube Ryan ToysReviewRyan, sang YouTuber berusia 7 tahun dengan pendapatan terbesar tahun ini.

KOMPAS.com — Siapa yang tidak kenal Youtube, aplikasi untuk menonton video dikelola oleh Google. Jangankan orangtua, anak juga kemungkinan besar sudah sangat familiar dengan aplikasi tersebut.

Tapi, pernahkah orangtua khawatir terhadap video-video yang ditonton anak di YouTube?

Ada kemungkinan secara tidak sengaja anak menonton video tidak sesuai dengan usia dan tahap tumbuh kembangnya.

Misalnya, anak secara tidak sengaja menonton video menayangkan adegan kekerasan, memperlihatkan perkataan-perkataan kasar, atau bahkan video menjurus pornografi.

Baca juga: 4 Langkah Membangun Literasi Digital Sehat Dalam Keluarga

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada kabar gembira bagi para orangtua, Google telah memperkenalkan YouTube Kids, aplikasi streaming video khusus anak. YouTube menggunakan campuran filter, masukan pengguna, dan pengulas manusia untuk menjaga video di keluarga YouTube Kids ramah keluarga.

Berikut beberapa fitur kontrol yang tersedia di YouTube Kids:

1. Profil Anak

Dengan menggunakan Youtube Kids, kita dapat membuat hingga delapan profil anak, masing-masing dengan preferensi tampilan mereka sendiri, rekomendasi video, dan pengaturan.

YouTube Kids memungkinkan orangtua membuat profil terpisah untuk setiap anak. Setiap profil memiliki kumpulan preferensi tampilan dan rekomendasi terpisah memungkinkan beberapa anak mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi YouTube Kids.

2. Pemblokiran

Apabila orangtua menemukan video atau saluran yang tidak ingin anak tonton, orangtua dapat melakukan pemblokiran. Link yang sudah di blokir akan secara otomatis terhapus dari semua profil anak-anak.

Orangtua dapat menyesuaikan konten yang ingin dilihat di YouTube Kids dengan masuk ke aplikasi dan memblokir video atau saluran yang tidak ingin anak tonton. Orangtua juga dapat melaporkan video yang dianggap tidak pantas di aplikasi YouTube Kids. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.