Kompas.com - 23/01/2019, 12:04 WIB

KOMPAS.com - Masih dua bulan lagi menjelang Ujian Nasional (UN) untuk pelajar Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan dan sederajat. Sedangkan tiga bulan ke depan adalah jadwal UN untuk pelajar Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

UN yang berlaku saat ini berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberlakukan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk pejar SMK/SMA maupun SMP/MTs.

"Untuk mempersiapkan UNBK dengan baik, para pelajar harus belajar dan belajar karena soal UN itu ada yang bersifat high order thinking skills (HOTS)," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud, Ari Santosa saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (23/1/2019).

Adapun HOTS merupakan model soal baru yang dikenalkan oleh Kemendikbud untuk menantang kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif bagi para pelajar.

Harapannya, peserta didik mampu menganalisis data, membuat perbandingan, membuat kesimpulan, menyelesaikan masalah, dan menerapkan pengetahuan pada konteks kehidupan nyata.

Baca juga: Bikin Pusing, Mendikbud Setuju SKTM untuk Daftar SMA/SMK Dihapus

Persiapan

Soal dari sistem UNBK yang telah berlangsung sejak 2016 ini diharapkan dapat digarap para pelajar dengan baik.

Untuk itu, Kemendikbud telah melakukan pengecekan jauh-jauh hari untuk memastikan UNBK berlangsung dengan baik tanpa gangguan listrik.

"Biasanya Kemendikbud jauh-jauh hari sudah mengadakan rapat koordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat untuk pelaksanaan UNBK," ujar Ari.

"Misal, listrik dengan PLN, untuk masalah internet juga sudah dibahas dan kemungkinan tidak ada kendala yang berarti," kata dia.

Jadwal UNBK 

Dilansir dari akun resmi Twitter Kemendikbud, @kemdikbud_RI, telah mengunggah beberapa jadwal UNBK SMA/SMK dan SMP/MTs. Berikut rinciannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.