Kompas.com - 29/01/2019, 17:41 WIB
Ilustrasi. Pameran Surprise12: Kriya Berkelanjutan di Bentara Budaya Jakarta. Dok. Bentara Budaya JakartaIlustrasi. Pameran Surprise12: Kriya Berkelanjutan di Bentara Budaya Jakarta.

KOMPAS.com - Bentara Budaya Jakarta (BBJ) bekerjasama dengan Forum Komunikasi Mahasiswa Kriya Seni (FKMKI) dan Jurusan Kriya Seni Institut Kesenian Jakarta (IKJ) menggelar pameran "Kriya Seni Surprise #12: Kriya Berkelanjutan".

Pameran ini digelar sebagai ajang mengembangkan kreativitas perupa-perupa muda.

Surprise #12 merupakan seri keduabelas dari agenda tahunan FKMKI yang telah diselenggarakan di berbagai lokasi di Indonesia.

Masing-masing pameran mengangkat kreasi kriya para perupa muda yang masih bergiat di insitusi kesenian dan selalu dihadirkan dengan konsep dan tematik berbeda-beda. Adapun kali ini di Bentara Budaya Jakarta pameran mengambil tajuk “Kriya Berkelanjutan.“

Peka menyikapi perubahan 

Gagasan perihal keberlanjutan ini bukan hanya juga bertaut sebagai regenerasi seniman-seniman kriya yang dilakukan dalam jenjang akademis.

Leonhard Bartolomeus, kurator dari pameran #SURPRISE 12, mengemukakan konsep kriya berkelanjutan ini muncul setelah mengamati berbagai fenomena budaya visual yang berkembang di berbagai kawasan Indonesia, di mana pertautan antara seni-seni kriya dengan kenyataan keberlanjutan ekologi kian dipertanyakan.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Seniman Banyuwangi Tampil di Festival Janadriyah Arab Saudi

Menurut Leonhard sangat penting mulai menanamkan kesadaran seni yang bukan hanya berlandaskan pencapaian estetik. Para perupa muda sebaiknya dapat lebih peka dalam menyikapi permasalahan-permasalahan yang terjadi di sekitarnya. 

“Isu-isu penggunaan teknologi ramah lingkungan dan daur ulang limbah misalnya, walaupun belum memberikan pengaruh signifikan terhadap keilmuan Kriya Seni di perguruan tinggi namun tentu akan berguna bagi para mahasiswa jika mereka sudah memasuki dunia profesional,“ ujar Leonhard Bartolomeus dalam pengantar. 

Berbagi ruang kreativitas

Pameran Surprise12: Kriya Berkelanjutan di Bentara Budaya Jakarta.Dok. Bentara Budaya Jakarta Pameran Surprise12: Kriya Berkelanjutan di Bentara Budaya Jakarta.

Sementara itu, Ika W. Burhan, Kepala Pengelola BBJ menambahkan pameran ini juga dapat dimaknai sebagai bagian proses berkarya. “Karena itu, Bentara Budaya Jakarta dengan senang dapat berbagi ruang dengan kawan-kawan FKMKI dalam penyelenggaraan pameran ini," ujarnya.

Forum Komunikasi Mahasiswa Kriya Indonesia (FKMKI) adalah sebuah forum yang mewadahi kreatifitas mahasiswa-mahasiswa jurusan Kriya Seni dari berbagai universitas di Indonesia.

FKMKI pada awalnya terbentuk dari  himpunan mahasiswa kriya seni Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Institut Seni Indonesia Surakarta. Hingga kini, sudah ada 12 universitas tergabung dalam FKMKI.

Perwakilan universitas yang berpameran di Bentara Budaya Jakarta antara lain ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Kesenian Jakarta, Institut Teknologi Bandung, ISI Padangpanjang, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, ISI Denpasar, ISBI Aceh, dan Universitas Negeri Malang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.