Hasil Survei: Tenyata, Oh Tenyata... Milenial Masih Utamakan Keluarga

Kompas.com - 01/02/2019, 07:25 WIB
Ilustrasi remaja bercengkrama ISTOCKPHOTO/FERLISTOCKPHOTOIlustrasi remaja bercengkrama

KOMPAS.com -  Berita baik datang bagi para pegiat pendidikan karakter maupun pola asuh generasi muda seperti orangtua, guru dan lainnya.

Hasil survei "Indonesia Millennial Report 2019"  memperlihatkan 33 persen generasi milenial yang disurvei menyatakan aktivitas paling mereka sukai adalah berkumpul dengan keluarga.

Artinya, di tengah kesibukan, baik sekolah, berorganisasi, atau meniti karir, milenial Indonesia tetap ingin menyempatkan waktu berkumpul bersama keluarga.

Survei ini dikeluarkan IDN Research Institute dan Alvara Research Center dan merupakan hasil survei yang telah dilakukan selama 3 minggu, 20 Agustus-6 September 2018.

Survei dilakukan terhadap 1400 generasi milenial, yakni anak muda berusia 20-35 tahun, di 12 kota besar Indonesia. Sampel survei diambil secara acak dari berbagai jenjang pendidikan, jender, status sosial, status ekonomi, dan profesi.

Ingin membahagiakan orangtua

Menariknya, dilihat berdasarkan usia, milenial berusia 20-27 tahun atau disebut junior milenial dan belum menikah memilih ingin memiliki rumah (56,7 persen) dan membahagiakan orang tua (55,9 persen).

Baca juga: Survei: Bangun Tidur Generasi Milenial Langsung Pegang HP, Kamu?

Sedangkan 58 persen milenial berusia 28-35 tahun atau senior milenial dan sudah menikah menyebutkan ingin menjadi orang tua yang baik, selain berkeinginan memiliki rumah (51,5 persen), dan membahagiakan orangtua (52,7 persen). 

Selain mencari data kuantitatif berupa persentase, survei tersebut juga menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara secara random terhadap milenial.

Keluarga sebagai pelipur lelah

Salah satu narasumber Giring Ganesha. Musisi dari band Nidji yang kini mencoba merambah dunia usaha dan politik ini mengatakan, di tengah kesibukan setiap hari, bercengkerama dengan keluarga adalah oase dan pelipur lelah.

”Kalau di rumah, biasanya handphone saya matikan. Gak saya perhatikan deh. Fokus untuk keluarga. Makanya orang susah kontak saya kalau sudah di rumah,” kata Giring.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X