Kompas.com - 16/02/2019, 10:53 WIB

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 kembali diperpanjang dari semula berakhir tanggal 14 Februari 2019 menjadi hari Selasa, 16 Februari 2019 pukul 22.00 WIB.

Hal ini disampaikan Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Ravik Karsidi kepada Kompas.com melalui pesan singkat (15/2/2019).

"Memperhatikan akses untuk Pendaftaran dan Finalisasi SNMPTN 2019 yang masih belum optimal, siswa dimohon tenang dan akan dilakukan pelayanan pendaftaran sampai dengan SELASA tanggal 19 Februari 2019 pukul 22.00 WIB," ujar Prof. Ravik dalam surat pengumuman.

Sistem genap-ganjil

Ketua LTMPT ini menambahkan jika ada siswa masih belum dapat melakukan pendaftaran dan finalisasi, maka akan dicarikan solusi yang prinsipnya tidak merugikan siswa. 

Selain itu untuk memberikan kesempatan lebih baik kepada siswa dalam mendaftar, sistem SNMPTN menerapkan giliran untuk login berdasarkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) ganjil genap.

Baca juga: Antisipasi Perpanjangan SNMPTN 2019, LTMPT Tambah 10 Server

 

NISN ganjil diberikan kesempatan pada jam ganjil, misal pukul 13.00-14.00 WIB, 15-00-16.00 WIB dan seterusnya serta sebaliknya bagi siswa pemilik NISN bernomor genap.

Sebelumnya Ketua Pelaksana LTMPT Prof. Budi Prasetyo ketika dihubungi Kompas.com (13/2/2019) menyampaikan, "Jumlah siswa yang telah melakukan pendaftaran sebanyak 370.878 siswa. Sedangkan siswa yang sudah login tapi belum melakukan pendaftaran sebanyak 175.003."

Prof. Budi menambahkan dari data tersebut, siswa yang sudah mengisi biodata tetapi belum melakukan finalisasi sebanyak 83.099.

Tambah 10 server

Ketua LTMPT juga mengupayakan bagi siswa yang belum mendaftar agar bisa menyelesaikan pendaftaran dengan baik. "Malam ini kita tambah server 10 (buah) dan bandwith kita naikan," jelas Prof. Budi.

Untuk siswa yang telah melakukan pendaftaran, Ketua Pelaksana LTMPT ini mengingatkan untuk segera menyelesaikan finalisasi dengan mencetak kartu pendaftaran.

"Siswa yang sudah login tapi belum mengisi data segera menyelesaikan. Tolong manfaatkan waktu sore hari sampai pagi." ujar Prof. Budi mengingatkan.

Hal senada juga disampaikan Ketua LTMPT Prof. Ravik Karsidi. Ia juga mengingatkan agar kesempatan perpanjangan waktu yang diberikan ini dapat digunakan sebaik-baiknya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.