Kemenag Buka Beasiswa Santri Bulan April, Cek 14 Universitas Pilihanmu

Kompas.com - 20/02/2019, 10:45 WIB
Aktivitas santri dan siswa SMK Al Mina Bandungan, Kabupaten Semarang, di green house hidroponik, Minggu (20/8/2017) siang. Rencananya panen perdana tomat jenis cherry dan beef ini akan dikirim ke Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta sebagai ungkapan terima kasih atas bantuan presiden.  KOMPAS.com/Syahrul MunirAktivitas santri dan siswa SMK Al Mina Bandungan, Kabupaten Semarang, di green house hidroponik, Minggu (20/8/2017) siang. Rencananya panen perdana tomat jenis cherry dan beef ini akan dikirim ke Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta sebagai ungkapan terima kasih atas bantuan presiden.

KOMPAS.com - Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama (Kemenag) akan kembali membuka Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB).

Pendaftaran PBSB tahun 2019 ini akan dibuka dari 1 - 30 April dan berbasis online.

Dilansir dari laman resmi Kemenag, Direktur PD Pontren Ahmad Zayadi mengatakan tahun 2019 Kemenag menambah mitra perguruan tinggi. Ada enam perguruan tinggi baru yang menjadi mitra Kemenag, yaitu: Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Universitas al-Azhar Indonesia, dan empat Mahad Aly (pendidikan tinggi pesantren).

“Penambahan Perguruan Tinggi Mitra merupakan salah satu upaya Kemenag memperluas akses bagi santri berprestasi untuk bisa kuliah di sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia dan Luar Negeri,” ujar Zayadi di Jakarta, Senin (18/02/2019).

Meningkatkan kapasitas pesantren

Dikatakan Zayadi, PBSB berlangsung sejak 2004. Program ini merupakan upaya meningkatkan kapasitas  pondok pesantren di bidang sains dan teknologi sekaligus memberikan penguatan atas kajian tafaqquh fiddin (pendalaman agama) yang menjadi kajian utama pondok pesantren.

Baca juga: Program Beasiswa Bidikmisi Akan Segera Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Manfaat program ini diharapkan menjadi pionir pemberdayaan masyarakat (community development) di lingkungan pondok pesantren,” ungkap alumnus Doktoral Universitas Pendidikan Indonesia.

Kepala Subdit Pendidikan Pesantren Basnang Said menambahkan, Kemenag tahun ini menyiapkan 173 kouta yang tersebar di 14 Perguruan Tinggi di Indonesia dan empat Mahad Aly.

"153 kuota untuk 14 Perguruan Tinggi Agama Islam dan umun di Indonesia, dan 20 kuota untuk empat Mahad Aly," papar Basnang. Ia menambahkan pengumuman resmi pendaftaran PBSB ini akan disampaikan pada pertengahan Maret berikut juklak (petunjuk pelaksana) dan juknis (petunjuk teknis). 

14 perguruan tinggi dan 4 mahad aly

Berikut ini daftar Perguruan Tinggi mitra Kemenag pada PBSB

14 peguruan tinggi di Indonesia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X