Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Buku Ini Bisa Tukarkan Sampah Daur Ulang dengan Buku

Kompas.com - 20/02/2019, 11:22 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Jika ada, apakah kita mau menukar sampah daur ulang seperti botol air mineral dan kaleng minum alumunium dengan sebuah buku?

Kelihatannya hanya sebuah ide idealis, namun program ini ditawarkan salah satu penjual buku di Italia kepada anak-anak. Melalui program ini, penjual buku berharap akan menjadi cetak biru untuk meningkatkan kesadaran lingkungan sambil menumbuhkan kecintaan membaca di saat yang bersamaan.

Di selatan kota Polla, Italia proyek ini memberikan buku yang bisa dibeli oleh anak di bawah 14 tahun dengan menukarkan satu botol plastik kosong dan satu kaleng aluminium.

Baca juga: Film Aquaman, Sampah, dan Generasi Tidak Peduli

Dilansir dari World Economic Forum (WEF), pendiri toko buku Michele Gentile menganggap buku-buku yang disumbangkan sebagai libri sospesi atau "buku yang ditunda," sebuah gagasan yang dibangun berdasarkan tradisi Perang Dunia II di mana pelanggan warung kopi membayar dua kopi, yang kedua sebagai hadiah anonim untuk orang berikutnya yang membutuhkan.

"Saya harap inisiatif ini menjadi sangat viral sehingga mempengaruhi seluruh dunia," harap Gentile.

Toko buku di Italia ini menukar sampah botol plastik dan kaleng minuman dengan buku bagi anak berusia di bawah 14 tahun.Dok. WEF/Laman FB Ex Libris cafè Toko buku di Italia ini menukar sampah botol plastik dan kaleng minuman dengan buku bagi anak berusia di bawah 14 tahun.

Ide Gentile dibangun atas kesadaran yang berkembang akan plastik sekali pakai dan dampaknya yang merusak lingkungan. Berdasarkan data White Paper WEF, kemasan plastik menyumbang 26 persen dari total pasar plastik.

Meskipun manfaatnya mencakup kenyamanan dan efisien, sebagian besar dirancang untuk sekali dan hanya sekitar 14 persen yang dapat dikumpulkan untuk didaur ulang.

Dampaknya pada planet ini: sampah plastik membutuhkan waktu hingga 500 tahun untuk dapat terdaur ulang alami dan sekitar 8 juta ton berakhir di lautan setiap tahun. 

"Bayangkan ini menjadi menjadi permainan yang mendunia: setiap anak di seluruh dunia menukarkan botol plastik dan kaleng minuman dengan buku. Ini akan berdampak tidak saja bagi mereka sekarang namun juga untuk masa depan mereka," jelas Gentile.

Ia menambahkan, "Aku tahu ini hanya mimpi, tapi mengapa tidak dilakukan?"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com