Kompas.com - 20/02/2019, 18:20 WIB
Universitas Indonesia (UI) berhasil memperoleh predikat Better Than Adequate untuk 4 program studi (prodi) yang dinilai tim ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Dok. UIUniversitas Indonesia (UI) berhasil memperoleh predikat Better Than Adequate untuk 4 program studi (prodi) yang dinilai tim ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) berhasil memperoleh predikat Better Than Adequate untuk 4 program studi (prodi) yang dinilai tim ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Keempat program studi tersebut yaitu program sarjana Biologi dan Fisika FMIPA, program sarjana Teknik Komputer FT, dan program Pendidikan Dokter Gigi FKG.

Dalam asesmen ini, UI dianggap berhasil menerapkan penjaminan mutu sesuai model AUN-QA yaitu: kualitas input, kualitas proses dan kualitas output.

Dilansir dari laman berita UI (20/2/2019), keempat pilar ini mencakup penilaian sistem perencanaan, implementasi, evaluasi, dan tindak lanjut yang dilakukan UI sebagai sebuah universitas.

Baca juga: Magister Manajemen UI Raih Akreditasi International dari AMBA

Proses penilaian telah berlangsung 30 Oktober – 1 November 2018. Proses penilaian ini dilakukan oleh 8 orang tim penilai (assessor) dari AUN-QA yang berkeliling ke prodi-prodi dan menilai dengan metode wawancara mendalam kepada para pimpinan fakultas, prodi, dosen, mahasiswa, tendik, alumni, dan employer (pengguna).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada sejumah aspek menjadi penilaian di antaranya spesifikasi program, strategi pembelajaran, kualitas staf akdemik, kualitas mahasiswa sampai fasilitas dan infrastruktur.

Dalam proses penilaian tersebut, para assessor juga memberikan masukan kepada program-program studi tersebut agar menjadi pertimbangan dalam pengembangan program studi tersebut di masa depan.

ASEAN University Network (AUN ) merupakan sebuah organisasi ASEAN didirikan pada tahun 1995 yang bertujuan melaksanakan kerja sama pendidikan dalam membuat suatu integrasi regional untuk mencapai standar pendidikan global.

AUN Quality Assurance (AUN-QA) adalah salah satu proses dilakukan AUN bertujuan untuk mengukur kapabilitas dan standar program pendidikan dari universitas-universitas anggota mereka di ASEAN.

AUN-QA bukanlah suatu model akreditasi melainkan asesmen untuk melihat sejauh mana proses pendidikan di prodi memenuhi kriteria AUN-QA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.