Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Prodi UI Raih Penilaian Standar Mutu ASEAN University Network

Kompas.com - 20/02/2019, 18:20 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) berhasil memperoleh predikat Better Than Adequate untuk 4 program studi (prodi) yang dinilai tim ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Keempat program studi tersebut yaitu program sarjana Biologi dan Fisika FMIPA, program sarjana Teknik Komputer FT, dan program Pendidikan Dokter Gigi FKG.

Dalam asesmen ini, UI dianggap berhasil menerapkan penjaminan mutu sesuai model AUN-QA yaitu: kualitas input, kualitas proses dan kualitas output.

Dilansir dari laman berita UI (20/2/2019), keempat pilar ini mencakup penilaian sistem perencanaan, implementasi, evaluasi, dan tindak lanjut yang dilakukan UI sebagai sebuah universitas.

Baca juga: Magister Manajemen UI Raih Akreditasi International dari AMBA

Proses penilaian telah berlangsung 30 Oktober – 1 November 2018. Proses penilaian ini dilakukan oleh 8 orang tim penilai (assessor) dari AUN-QA yang berkeliling ke prodi-prodi dan menilai dengan metode wawancara mendalam kepada para pimpinan fakultas, prodi, dosen, mahasiswa, tendik, alumni, dan employer (pengguna).

Ada sejumah aspek menjadi penilaian di antaranya spesifikasi program, strategi pembelajaran, kualitas staf akdemik, kualitas mahasiswa sampai fasilitas dan infrastruktur.

Dalam proses penilaian tersebut, para assessor juga memberikan masukan kepada program-program studi tersebut agar menjadi pertimbangan dalam pengembangan program studi tersebut di masa depan.

ASEAN University Network (AUN ) merupakan sebuah organisasi ASEAN didirikan pada tahun 1995 yang bertujuan melaksanakan kerja sama pendidikan dalam membuat suatu integrasi regional untuk mencapai standar pendidikan global.

AUN Quality Assurance (AUN-QA) adalah salah satu proses dilakukan AUN bertujuan untuk mengukur kapabilitas dan standar program pendidikan dari universitas-universitas anggota mereka di ASEAN.

AUN-QA bukanlah suatu model akreditasi melainkan asesmen untuk melihat sejauh mana proses pendidikan di prodi memenuhi kriteria AUN-QA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com