Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Bantuan Asing, Venezuela Tutup Perbatasan Laut dan Udara dengan Pulau Curacao

Kompas.com - 20/02/2019, 18:40 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

CARACAS, KOMPAS.com - Militer Venezuela kembali mengambil langkah penutupan perbatasan untuk mencegah masuknya bantuan kemanusiaan dari pihak asing.

Sebelumnya jembatan internasional Tienditas yang merupakan penghubung Venezuela dengan kawasan Kukuta di Kolombia telah ditutup menggunakan tiga buah kontainer.

Kali ini militer yang setia dengan Presiden Nicolas Maduro memberlakukan penutupan perbatasan laut dan udara dengan Pulau Curacao di Perairan Karibia.

Pulau tersebut, yang merupakan koloni Belanda, rencananya akan menjadi lokasi untuk menyimpan dan menampung bantuan kemanusiaan yang ditujukan untuk rakyat Venezuela.

Kepastian tentang penutupan perbatasan laut dan udara Venezuela dengan Curacao disampaikan komandan militer regional, Vladimir Quintero, Selasa (19/2/2019).

Baca juga: Maduro: AS Berusaha Memperbudak Venezuela

"Afirmatif," ujar Quintero saat menjawab pertanyaan mengenai laporan media yang menyebutkan penangguhan hubungan laut dan udara Venezuela dengan Pulau Curacao dan pulau-pulau tetangga lainnya di Perairan Karibia, termasuk Aruba dan Bonaire.

Dia tidak memberi komentar lebih jauh mengenai penutupan jalur laut dan udara tersebut.

Di bawah perintah Maduro, militer Venezuela telah membuat barikade untuk mencegah masuknya bantuan kemanusiaan di Jembatan Internasional Tienditas.

Presiden Nicolas Maduro menilai, langkah pemberian bantuan hanya akan membuka jalan bagi invasi militer Amerika Serikat.

Sementara pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido, yang mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara, sedang berupaya membawa masuk bantuan makanan dan obat-obatan ke negaranya mulai Sabtu (23/2/2019).

Bantuan tersebut sementara disimpan di Kolombia, Brasil, serta di Pulau Curacao, Karibia.

Guaido dan Presiden AS Donald Trump telah meminta militer Venezuela untuk meninggalkan Maduro dan mendukung Guaido.

Menteri Pertahanan Venezuela Vladimir Padrino memperingatkan angkatan bersenjata akan dikerahkan dan waspada di sepanjang perbatasan untuk menghindari pelanggaran integritas wilayah.

Baca juga: Belanda Siap Bangun Pusat Bantuan Kemanusiaan untuk Venezuela di Karibia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com