Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program "Massive Action 2019" LPDP Turut Digelar di Papua

Kompas.com - 26/02/2019, 12:45 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Penerima beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) menggelar program "Massive Action 2019" (MA) secara serentak di 27 provinsi Indonesia, 21-25 Februari 2019.

Melalui program ini para alumni LPDP memberi dukungan terhadap pemajuan edukasi anak sejak usia dini. Penerima beasiswa LPDP asal Papua didukung tim  kembali ke tanah air untuk memberikan bakti kepada negeri lewat para siswa sekolah dasar ini.

Kegiatan MA Provinsi Papua dilaksanakan di kabupaten Jayawijaya yang merupakan kabupaten hanya bisa dilalui melalui jalur udara yaitu dengan pesawat terbang. Wamena merupakan salah satu kabupaten dikelilingi pegunungan dan terkenal dengan adat-istiadat kental dan cuaca dingin.

Namun hal tersebut tidak mengurangi semangat para "aweerde", sebutan untuk alumni penerima beasiswa LPD untuk memilih Wamena sebagai tempat kegiatan MA.

Tantangan cuaca

Rita Sari Aronggear, penanggung jawab MA provinsi Papua kepada Kompas.com (26/2/2019) menyampaikan, "Mengajar anak-anak di Wamena khususnya anak lokal  agak susah dikarenakan cuaca kurang mendukung dan suhu yang dingin."

Baca juga: Massive Action 2019, Penerima Beasiswa LPDP Kembali untuk Mengabdi

Mereka juga harus berjalan kaki kadang tanpa alas kaki, membawa satu buku dan terkadang tanpa alat tulis. "Jangan bicara soal sarapan, orangtua mereka sibuk untuk berkebun dan  mereka juga kurang dalam bahasa indonesia karena lebih sering berbicara dengan bahasa ibu," cerita Rita.

Acara yang diadakan di lapangan basket sekolah SD Hillcrest International School (HIS) Wamena (22/2/2019) ini dimulai pukul 08.30 dan diawali senam bersama di lapangan. Anak-anak dari SD Yapis dan SD Koinonia berbaur santai dengan teman-teman mereka SD HIS yang menjadi tuan rumah.

Berani bermimpi tinggi

"Anak-anak sangat antusias karena ketika ditanyakan siapa yang mau kuliah S2? Awalnya, hanya beberapa anak saja berani mengangkat tangan. Namun ketika dijelaskan kesempatan untuk memperoleh beasiswa hampir semua mengangkat tangannya," cerita Rita.

Sesi pertama MA mengangkat soal pengenalan ragam profesi dengan tema "Jika Aku Menjadi Presiden". Acara disampaikan melalui permainan interaktif. Dari semua profesi dituliskan, seperti dokter, polisi, guru, wartawan, pilot, koki, designer, arsitek, direktur, menteri, bupati, dan presiden ternyata paling banyak ingin menjadi dokter.

Anak-anak kemudian juga diajak menuliskan cita-cita mereka sendiri pada kertas berwarna lalu ditempelan di media foto yang sudah disiapkan.

Sampah plastik dan hidup sehat

Penerima beasiswa Lembaga Dana Pengeloaan Pendidikan (LPDP) menggelar program Massive Action 2019 (MA) secara serentak di 27 provinsi Indonesia, 21-25 Februari 2019, termasuk di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua (23/2/2019).Dok. MA LPDP Penerima beasiswa Lembaga Dana Pengeloaan Pendidikan (LPDP) menggelar program Massive Action 2019 (MA) secara serentak di 27 provinsi Indonesia, 21-25 Februari 2019, termasuk di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua (23/2/2019).

Sesi selanjutnya, anak diperkenalkan pada gerakan anti sampah plastik menghadirkan pembicara Sepi Kogoya dan Piter Vander Wilt bersama kedua anaknya yang merupakan sukarelawan dari Belanda  yang sudah 5 tahun menetap di Wamena.

Mereka membawakan materi menggunakan contoh nyata dalam pemilahan mana yang termasuk sampah plasti dan bukan. Meski disampaikan dalam dwi bahasa, Inggris dan Indonesia, para siswa sangat antusias mengikuti pemaparan kampanye anti sampah plastik ini.

Sesi selanjutnya dari MA LDPD Papua ini mengangkat tema gaya hidup hemat dan sehat. Anak-anak dijelaskan beberapa hal mengenai makanan sehat dan hidup sehat termasuk mempraktikan bagaimana cara cuci tangan yang bersih. Acara diakhiri dengan pembagian bantuan buku dan alat tulis dari Bank Mandiri.

Para guru pendamping yang hadir sangat senang dengan adanya kegiatan ini karena kegiatan MA LPDP ini merupakan kali pertama yang menangkat ke-3 tema tersebut. Mereka berharap  kegiatan LPDP ini dapat diselenggarakan di semua sekolah di Wamena sehingga para siswa terinspirasi dan mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com