Kompas.com - 27/02/2019, 14:53 WIB
10 Top Universitas Asia: NUS Dok. QS World University Ranking10 Top Universitas Asia: NUS

KOMPAS.com - Times Higher Education (THE) telah merilis pemeringkatan universitas terbaik di Asia-Pasific (20/2/2019). Ranking universitas Asia-Pasifik versi THE 2019 ini memetakan peringkat universitas di seluruh Asia Timur, Asia Tenggara dan Oseania dari 300 universitas di 13 negara.

Jepang adalah negara paling banyak masuk dalam daftar peringkat ini dengan 103 universitas. Cina berada di posisi kedua dengan 72 universitas. Negara lain yang memiliki posisi kuat dalam pemeringkatan adalah Australia (35 universitas), Taiwan (32), Korea Selatan (29) dan Thailand (14).

Dalam pemeringkatan, THE menggunakan metodologi khusus dalam mengukur indikator meliputi; citations (kutipan/reputasi jurnal ilmiah) 30 persen, industry income (pandangan dunia industri) 2,5 persen, international outlook (pandangan internasional) 7,5 persen, research (riset) 30 persen, dan teaching (pengajaran) 30 persen.

Baca juga: UI dan ITB Masuk Daftar 200 Universitas Terbaik Asia-Pasifik

 

University of Melbourne menjadi satu-satunya universitas di luar Asia yang berhasil masuk 5 besar, masuk posisi ketiga atau naik satu peringkat setelah tahun lalu berada di posisi keempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Universitas lain masuk dalam lima besar adalah Universitas Tsinghua (di tempat pertama), Universitas Nasional Singapura (tempat kedua), Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong (tempat keempat) dan Universitas Hong Kong (tempat kelima).

5 universitas terbaik di Asia-Pasifik versi THE 2019:

1. Tsinghua University, China

Universitas Tsinghua merupakan salah satu kampus paling selektif di dunia dan dikenal sevagai universitas riset yang komprehensif. Memiliki lebih dari 20 jurusan dan 54 prodi mencakup disiplin ilmu termasuk seni, ekonomi, pendidikan, teknik, sejarah, manajemen, kedokteran, hukum, sastra, filsafat, dan sains.

Tsinghua juga dikenal memiliki lebih dari 110 asosiasi dan kelompok mahasiswa meliputi lima bidang: sains dan teknologi, pelatihan fisik, humaniora, seni, dan kesejahteraan masyarakat.

Kampus Tsinghua berada di barat laut ibukota Beijing, di distrik Haidia, yang sejak lama memang disediakan khusus untuk universitas dan lembaga akademis lain.

2. National University of Singapore, Singapura

National University of Singapore adalah universitas yang dikenal sangat internasional, lebih dari setengah mahasiswa terdiri dari mahasiswa internasional. NUS juga memiliki cabang perguruan tinggi di banyak lokasi di luar negeri termasuk Israel, Jerman, AS dan Swedia. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.