Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.000 Pendaftar Per Menit, Pendaftaran UTBK Bisa Diakses di Sini

Kompas.com - 04/03/2019, 12:40 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com — Setelah sempat ditutup sementara, kini laman resmi pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah dapat diakses melalui laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id/

Hal ini juga ditegaskan Ketua LTMPT Ravik Karsidi melalui pengumuman resmi yang disampaikan kepada Kompas.com, Senin (4/3/2019). "Alhamdulillah pendaftaran UTBK sudah dibuka kembali hari ini, Senin 4 Maret 2019, mulai pukul 08.00," ujar Ravik.

3.000 entry per menit

Ia menambahkan, "Hasil pemantauan di posko pendaftaran menunjukkan, pendaftaran UTBK mulai lancar sejak jam 09.00. Hal ini bisa terlihat dari kapasitas entry dalam satu menit bisa melayani 3.000 peserta yang terproses."

Baca juga: Sistem Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 Ditutup Sementara, Ini Sebabnya

Sebelumnya, Kompas.com sempat mengalami kesulitan mengakses laman tersebut sekitar pukul 08.00.

Kini, para peserta sudah dapat melakukan pendaftaran melalui laman pendaftaran tersebut dengan memasukkan email dan password yang telah diperoleh setelah calon peserta membuat akun LTMPT.

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, laman resmi pendaftaran UTBK untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2019 tidak dapat diakses.

Sempat ditutup sementara

Melalui surat pengumuman resmi, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo menyampaikan beberapa alasan laman resmi pendaftaran UTBK ini ditutup untuk sementara.

"Berdasarkan evaluasi pendaftaran UTBK sejak dibuka dari 1 Maret 2019 sampai dengan 2 Maret 2019 pukul 12.00 ternyata masih ditemui beberapa kendala," kata Budi seperti dikutip dari berita resmi tersebut.

Penutupan sementara itu disebabkan oleh dua faktor: 

1. Permasalahan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

2. Permasalahan sistem pembayaran H2H (host to host) ke bank mitra LTMPT.

Tidak memaksa 1 lokasi saja

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan dalam pendaftaran UTBK," kata Budi.

Terkait berfungsinya kembali sistem pendaftaran UTBK 2019, Budi memberikan pesan agar para peserta tidak perlu memaksakan diri memilih di satu lokasi ujian saja.

"Masyarakat mohon bersabar karena proses pendaftaran UTBK gelombang I ini masih dilayani sampai dengan 24 Maret 2019. Diharapkan pendaftar tidak perlu memaksakan diri memilih salah satu lokasi ujian saja karena masih ada kesempatan di lokasi ujian lain di kota yang sama atau di kota yang lain," kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com