Kompas.com - 04/03/2019, 12:40 WIB
Laman resmi pendaftaran UTBK 2019 Dok. LTMPTLaman resmi pendaftaran UTBK 2019

KOMPAS.com — Setelah sempat ditutup sementara, kini laman resmi pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah dapat diakses melalui laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id/

Hal ini juga ditegaskan Ketua LTMPT Ravik Karsidi melalui pengumuman resmi yang disampaikan kepada Kompas.com, Senin (4/3/2019). "Alhamdulillah pendaftaran UTBK sudah dibuka kembali hari ini, Senin 4 Maret 2019, mulai pukul 08.00," ujar Ravik.

3.000 entry per menit

Ia menambahkan, "Hasil pemantauan di posko pendaftaran menunjukkan, pendaftaran UTBK mulai lancar sejak jam 09.00. Hal ini bisa terlihat dari kapasitas entry dalam satu menit bisa melayani 3.000 peserta yang terproses."

Baca juga: Sistem Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 Ditutup Sementara, Ini Sebabnya

Sebelumnya, Kompas.com sempat mengalami kesulitan mengakses laman tersebut sekitar pukul 08.00.

Kini, para peserta sudah dapat melakukan pendaftaran melalui laman pendaftaran tersebut dengan memasukkan email dan password yang telah diperoleh setelah calon peserta membuat akun LTMPT.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, laman resmi pendaftaran UTBK untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2019 tidak dapat diakses.

Sempat ditutup sementara

Melalui surat pengumuman resmi, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo menyampaikan beberapa alasan laman resmi pendaftaran UTBK ini ditutup untuk sementara.

"Berdasarkan evaluasi pendaftaran UTBK sejak dibuka dari 1 Maret 2019 sampai dengan 2 Maret 2019 pukul 12.00 ternyata masih ditemui beberapa kendala," kata Budi seperti dikutip dari berita resmi tersebut.

Penutupan sementara itu disebabkan oleh dua faktor: 

1. Permasalahan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.