[HOAKS] Program Beasiswa Unggulan Mengatasnamakan Kemendikbud

Kompas.com - 05/03/2019, 18:20 WIB
Hoaks surat program beasiswa unggulan atasnamakan Kemendikbud. Kemendikbud/Anandes LangguanaHoaks surat program beasiswa unggulan atasnamakan Kemendikbud.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah pesan yang mengatasnamakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beredar di aplikasi pesan WhatsApp pada Selasa (5/3/2019).

Dalam pesan disebutkan bahwa Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud meminta kepada pihak sekolah untuk segera menyusun daftar usulan nama siswa sebagai penerima Beasiswa Unggulan.

Kemendikbud kemudian memberikan klarifikasi atas pesan yang beredar.

Narasi yang beredar:

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, surat ini didapatkan pihak Kemendikbud melalui aplikasi pesan WhatsApp pada Selasa (5/3/2019) pagi.

Surat bernomor 981257/D5/KU/2019 ini menginformasikan mengenai Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Direktorat Pembinaan SMA pada Tahun Ajaran 2019 telah mengalokasikan dana beasiswa unggulan untuk siswa yang berprestasi di bidang akademik dan non-akademik.

Sehubungan dengan dana beasiswa unggulan tahun ini, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah meminta kepada pihak sekolah untuk segera menyusun daftar usulan nama siswa sebagai penerima Beasiswa Unggulan Tahap 1 tahun 2019.

Disebutkan juga terdapat beberapa ketentuan untuk menyusun daftar nama siswa.

Untuk siswa yang berprestasi di bidang akademik, seperti memiliki nilai rata-rata raport minimal 80, nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mata pelajaran Pendidikan Agama minimal 85, dan menduduki rangking lima besar di setiap kelas.

Sementara untuk siswa yang berprestasi di bidang non-akademik, syarat yang diajukan, yakni memperoleh prestasi juara 1, 2, dan 3 pada kejuaraan bidang olahraga, seni, dan keagamaan tingkat kabupaten/provinsi/nasional dan juga melampirkan sertifikat kejuaraan.

Selanjutnya, berkas tersebut dikirimkan dalam format pdf atau Ms.Excel ke email beasiswaunggulan2019@eml.cc paling lambat 12 Maret 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X