Antisipasi Internet Padat, Soal UTBK 2019 Akan Diunduh H-1

Kompas.com - 10/03/2019, 13:44 WIB
Menristekdikti Mohamad Nasir saat meninjau simulasi UTBK di lokasi tes Universitas Diponegoro (Undip) di Semarang (9/3//2019). Dok. KemenristekdiktiMenristekdikti Mohamad Nasir saat meninjau simulasi UTBK di lokasi tes Universitas Diponegoro (Undip) di Semarang (9/3//2019).

KOMPAS.com -Sebagai langkah antisipasi koneksi internet padat, soal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 harus diunduh panitia 1 hari sebelum hari pelaksanaan (Hari H).

Hal ini disampaikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir saat meninjau simulasi UTBK di lokasi tes Universitas Diponegoro (Undip) di Semarang, Jawa Tengah (9/3/2019).

Menristek meminta Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan panitia UTBK lokal menginstall aplikasi UTBK dan mengunduh seluruh soal sebelum Tes Gelombang Pertama UTBK dilakukan.

Unduh soal H-1

Hal ini untuk mengantisipasi koneksi internet yang terlalu padat apabila semua lokasi tes mengunduh soal menjelang atau pada saat tanggal tes.

Baca juga: Pendaftar UTBK Hari Ini Capai 221 Ribu, Berapa Pilih Soshum & Saintek?

"Untuk mengatasi kendala yang terjadi, yang paling pertama soal sudah didownload sebelumnya dan diterima. Yang penting pada saat Hari H (aplikasi) diinstall di tempat ujian, tidak terjadi masalah," imbau Menteri Nasir. 

Nasir menyampaikan semua peserta UTBK yang mendaftar akan mendapatkan kursi di lokasi ujian yang mereka masing-masing pilih.

Menrisktekdikti juga menyampaikan pemerintah menjamin semua peserta SBMPTN 2019 memiliki kesempatan sama dalam masuk ke perguruan tinggi negeri.

Jaminan pendaftaran UTBK

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kemenristekdikti juga memberikan jaminan kepada seluruh calon peserta SBMPTN bahwa mereka bisa mendaftar dalam UTBK 2019.

Hal ini disampaikan Menristekdikti Mohamad Nasir di sela-sela acara peresmian gedung baru Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (5/3/2019).

"Beberapa hari yang lalu pendaftaran melalui online SBMPTN banyak yang terganggu. Karena apa? Yang terjadi adalah 50 ribu peserta mendaftar waktu yang sama. Hari ini sudah berjalan lancar, sistem sudah berjalan lancar," ujar Menristekdikti.

Ia menambahkan, "Pemerintah dalam hal ini Kemenristekdikti menjamin kepada seluruh rakyat Indonesia yang pada saat ini akan memasukan PTN akan dijamin bisa mendaftar (UTBK)."



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X