Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEK FAKTA: Sandiaga Uno Sebut Ujian Nasional Menguras Biaya Tinggi

Kompas.com - 18/03/2019, 10:51 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Akbar Bhayu Tamtomo,
Rindi Nuris Velarosdela,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, menyebut bahwa Ujian Nasional menguras biaya tinggi.

Pernyataan tersebut disampaikan Sandiaga Uno dalam debat ketiga Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta pada Minggu (17/03/2019) malam.

"Kami akan hapus Ujian Nasional, ini sumber biaya yang tinggi bagi sistem pendidikan kita," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga menambahkan bahwa kurikulum pendidikan terlalu berat pada beberapa daerah di Indonesia. Bersama Prabowo Subianto, Sandiaga berencana untuk menghapus ujian nasional dan digantikan dengan penelusuran minat bakat.

Benarkah fakta yang disebut Sandiaga mengenai Ujian Nasional berbiaya tinggi?

Berdasarkan penelusuran Kompas.com dari data Litbang Kompas, anggaran pengadaan Ujian Nasional sejak 2015 hingga 2017 rata-rata sekitar Rp 500 miliar. Meski begitu, jumlahnya mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Pada 2015, biaya anggaran sekitar Rp 560 miliar dan mengalami penurunan menjadi Rp 540 miliar pada 2016. Biaya itu kembali turun menjadi Rp 490 miliar pada 2017.

Biaya untuk Ujian Nasional kemudian berhasil ditekan saat pemerintah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pemerintah bisa lebih menekan anggaran menjadi Rp 35 miliar pada 2018.

Dilansir dari Tirto.id dan Tempo.co, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengaku telah menekan anggaran hingga Rp 100 miliar, dari Rp 135 miliar sebelum menerapkan UNBK. Angka penurunan ini sekitar 78 persen.

Sementara itu, dikutip dari laman puspendik.kemdikbud.go.id, perkembangan pelaksanaan Ujian Nasional terus menigkat. Dari 3.782.453 peserta pada 2017 meningkat menjadi 6.293.552 peserta pada 2018. Angka itu bisa dibilang meningkat drastis semenjak UNBK diberlakukan.

Menentukan kualitas

Manager Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran, Ervyn Kaffah menilai bahwa UN merupakan sesuatu yang penting untuk menentukan kualitas.

"UN itu penting sebagai alat ukur atau untuk memetakan kualitas pendidikan kita. Kalau dihapus, instrumen apa yang bisa digunakan?," ucap Ervyn dalam cek fakta bersama di kantor Google Indonesia, Minggu malam.

"Jadi untuk UN masih relevan dipertahankan untuk pemetaan, namun perlu dilakukan perbaikan pada instrumennya," Kata Ervyn.

Dia melanjutkan, masalah Ujian Nasional masih relevan dipertahankan untuk pemetaan kualitas pendidikan.

Di sisi lain perlu dilakukan perbaikan kurikulum dan standar pertanyaannya disesuaikan berdasarkan klaster wilayah masing-masing.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Cek Fakta Debat III Pilpres 2019 Mengenai Anggaran Biaya Ujian Nasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com