Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LTMPT Ingatkan Soal Mekanisme dan Jadwal Pendaftaran UTBK, Apa Saja?

Kompas.com - 18/03/2019, 12:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Selain informasi percepatan jadwal pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019, panitia LTMPT (Lembaga Tes Masuk Masuk Perguruan Tinggi) juga mengingatkan peserta tentang penutupan pendaftaran UTBK gelombang 1 dan pembukaan pendaftaraan gelombang 2.

Melalui surat pengumuman resmi LTMPT (16/3/2019), Ketua Eksekutif LTMPT Prof Budi Prasetyo mengingatkan mekanisme, jadwal pendaftaran UTBK gelombang 1 dan 2.

Mengikuti mekanisme pembayaran

"Berdasarkan mekanisme pendaftaran dan pembayaran UTBK yang hanya berlaku selama 1x24 jam, maka perlu diperhatikan pendaftaran UTBK Gelombang I akan ditutup pada Minggu, 24 Maret 2019 pukul 22.00 WIB," ujar Prof Budi mengingatkan.

Baca juga: Pengumuman SNMPTN 2019 Dipercepat, Bagaimana Bila Tidak Diterima?

Prof Budi melanjutkan, "Pembukaan pendaftaran UTBK Gelombang II akan dimulai pada hari Senin, tanggal 25 Maret 2019, pukul 10.00 WIB dan akan ditutup pada hari Senin, tanggal 1 April pukul 22.00 WIB."

Sebelumnya, Ketua Eksekutif LTMPT juga menyampaikan pengumuman seleksi jalur SNMPTN 2019 yang semula akan diumumkan pada tanggal 23 maret 2019 dimajukan 1 hari lebih awal menjadi menjadi hari Jumat, 22 Maret 2019 mulai Pk. 16.00 WIB. 

Pengumuman SNMPTN dimajukan

Hal ini disebabkan karena proses seleksi sudah dapat diselesaikan lebih awal sekaligus memberi kesempatan bagi siswa yang tidak lulus seleksi untuk mendaftar UTBK di gelombang pertama.

"Mengingat proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan agar bisa memberi kesempataan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN untuk mendaftar UTBK Gelombang I," jelas Prof. Budi.

Sebelumnya Prof. Ravik Karsidi Ketua LTMPT kepada Kompas.com melalui pesan singkat (4/2/2019) menginformasikan jumlah siswa eligibel (layak) untuk mendaftar di SNMPTN tahun ini sebanyak 613.860 siswa dan jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com