Kompas.com - 18/03/2019, 12:50 WIB
Pengumuman hasil SNMPTN dapat diperoleh hari ini (17/4/2018) dengan mengakses laman resmi http://pengumuman.snmptn.ac.id/ http://snmptn.ac.id/Pengumuman hasil SNMPTN dapat diperoleh hari ini (17/4/2018) dengan mengakses laman resmi http://pengumuman.snmptn.ac.id/

KOMPAS.com - Selain informasi percepatan jadwal pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019, panitia LTMPT (Lembaga Tes Masuk Masuk Perguruan Tinggi) juga mengingatkan peserta tentang penutupan pendaftaran UTBK gelombang 1 dan pembukaan pendaftaraan gelombang 2.

Melalui surat pengumuman resmi LTMPT (16/3/2019), Ketua Eksekutif LTMPT Prof Budi Prasetyo mengingatkan mekanisme, jadwal pendaftaran UTBK gelombang 1 dan 2.

Mengikuti mekanisme pembayaran

"Berdasarkan mekanisme pendaftaran dan pembayaran UTBK yang hanya berlaku selama 1x24 jam, maka perlu diperhatikan pendaftaran UTBK Gelombang I akan ditutup pada Minggu, 24 Maret 2019 pukul 22.00 WIB," ujar Prof Budi mengingatkan.

Baca juga: Pengumuman SNMPTN 2019 Dipercepat, Bagaimana Bila Tidak Diterima?

Prof Budi melanjutkan, "Pembukaan pendaftaran UTBK Gelombang II akan dimulai pada hari Senin, tanggal 25 Maret 2019, pukul 10.00 WIB dan akan ditutup pada hari Senin, tanggal 1 April pukul 22.00 WIB."

Sebelumnya, Ketua Eksekutif LTMPT juga menyampaikan pengumuman seleksi jalur SNMPTN 2019 yang semula akan diumumkan pada tanggal 23 maret 2019 dimajukan 1 hari lebih awal menjadi menjadi hari Jumat, 22 Maret 2019 mulai Pk. 16.00 WIB. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengumuman SNMPTN dimajukan

Hal ini disebabkan karena proses seleksi sudah dapat diselesaikan lebih awal sekaligus memberi kesempatan bagi siswa yang tidak lulus seleksi untuk mendaftar UTBK di gelombang pertama.

"Mengingat proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan agar bisa memberi kesempataan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN untuk mendaftar UTBK Gelombang I," jelas Prof. Budi.

Sebelumnya Prof. Ravik Karsidi Ketua LTMPT kepada Kompas.com melalui pesan singkat (4/2/2019) menginformasikan jumlah siswa eligibel (layak) untuk mendaftar di SNMPTN tahun ini sebanyak 613.860 siswa dan jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.