Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi: Korban Hilang di Banjir Bandang Jayapura Mencapai 131 Orang

Kompas.com - 19/03/2019, 11:39 WIB
Dhias Suwandi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Hingga hari ke-3 pasca-bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Jayapura pada Sabtu malam (16/3/2019), jumlah korban yang dilaporkan hilang mencapai 131 orang.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal mengatakan, data tersebut berdasarkan laporan yang masuk ke DVI Polda Papua.

Baca juga: Jumlah Korban Banjir Bandang di Jayapura Bertambah Jadi 92 Orang

"Laporan masyarakat (korban hilang) masuk ke tim DVI itu 131, jadi
dimungkinkan yang belum teridentifikasi itu adalah yang dicari," kata Kamal, di Jayapura, Selasa (19/3/2019).

Laporan yang masuk ke tim DVI Polda Papua, terang kamal, sangat bermanfaat untuk membantu proses identifikasi jenazah yang sudah ada di RS Bhayangkara Jayapura.

Masyarakat yang membuat laporan orang hilang akan dimintai data-data antem mortem dan medis korban oleh petugas, sehingga dapat dicocokan dengan jenazah yang sudah ada.

Menurut dia, dari jenazah yang sudah ada di RS Bhayangkara, diketahui ada yang belum mengurus data kependudukan sehingga diperlukan informasi pendukung lainnya dari pihak keluarga.

Baca juga: Banjir Bandang Sentani akan Ditetapkan Bencana Darurat Provinsi

"Kemarin kami hanya dapat empat identifikasi karena data-data itu tidak kami dapatkan, karena ada masyarakat yang tidak punya KTP, jadi sidik jari yang diambil oleh tim DVI tidak muncul di sistem, kalau yang punya KTP rumusannya akan muncul," kata dia.

Hingga Selasa pagi, ungkap Kamal, jumlah korban tewas akibat bencana banjir bandang tersebut mencapai 85 orang, jenazah yang sudah dibawa ke RS Bhayangkara 69 kantung dan yang telah teridentifikasi 29 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com