Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBJ dan Harian Kompas Gelar Bedah Buku "Obrolan Sukab"

Kompas.com - 19/03/2019, 15:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Bentara Budaya Jakarta dan Penerbit Buku Kompas menggelar diskusi buku “Obrolan Sukab” karya Seno Gumira Ajidarma. Diskusi akan digelar pada Kamis, 21 Maret 2019 pukul 14.00 WIB, di Bentara Budaya Jakarta (BBJ).

Buku ini memuat sepilihan esai-esai populer Seno yang sebagian dipublikasikannya di kolom Udar Rasa - Harian Kompas serta laman media daring PanaJournal.com.

Isinya tidak lain adalah obrolan Sukab bersama konco-konconya sesama warga negara kelas bawah: manusia-manusia merdeka yang merasa nyaman dalam keseharian mereka sebab mereka lebih baik memiliki diri sendiri daripada memiliki semuanya, kecuali diri sendiri. 

Karakter Sukab 

Seno dan tokoh rekaannya, Sukab, ibarat dua sosok yang sulit dipisahkan. Karakter Sukab juga telah muncul dalam beberapa seri bukunya terdahulu, seperti Sukab Intel Melayu: Misteri Harta Centini (2002) serta Dunia Sukab: Sejumlah Cerita (2001).

Dalam buku Obrolan Sukab (Penerbit Buku Kompas, 2018), Seno menarasikan keseharian warga kelas bawah yang acap mengobrol di warung pinggir jalan milik Mang Ayat.

Baca juga: Agenda Seminggu Bentara Budaya: Dari Garin Nugroho hingga Mendiang Benyamin Sueb

 

Di sela wangi kopi, jagung rebus, sajian tempe mendoan, sayur bening, sayur asem, cumi asin, sambel korek, Sukab dan konco-konconya sesama kuli dan buruh biasa mengobrol topik kelas atas tentang korupsi, tahun baru, politik, nasionalisme, pulang kampung, teroris, intoleransi, HAM, dan sebagainya.

Akan hadir sebagai narasumber Seno Gumira Ajidarma, JJ Rizal, Zen Hae dan dimoderatori  Yahya Andi Saputra.

Mereka akan membincangkan bukan hanya seputar buku, tetapi juga berbagai hal terkait situasi sosial budaya kontemporer di Indonesia, dan Jakarta khususnya, yang memang menjadi bahan obrolan Sukab serta kawan-kawannya itu. 

Narasumber 

E-poster bedah buku Obrolan Sukab Dok. BBJ E-poster bedah buku Obrolan Sukab

Seno Gumira Ajidarma dilahirkan tahun 1958. Bekerja sebagai wartawan sejak tahun 1977. Kolom-kolomnya tentang kehidupan urban dan dunia politik terkumpul dalam Surat dari Palmerah (2002), Affair (2004), Kentut Kosmopolitan (2008), Tidak Ada Ojek di Paris (2015), Jokowi, Sangkuni, Machiavelli (2016), dan Obrolan Sukab (2018).

Seno menulis secara regular untuk Koran Tempo dan PanaJournal.com sambil tetap menulis fiksi. Cerpen yang dimuat sepanjang 1978-2013 di Harian Kompas terbit sebagai Senja dan Cinta yang Berdarah (2014). Menerima sejumlah penghargaan sastra, mengajar kajian budaya kontemporer di berbagai perguruan tinggi dan masih menyambung cerita silat Nagabumi.

Zen Hae aktif sebagai penyair, cerpenis, dan penelaah sastra setelah sebelumnya menjadi penulis naskah di Bintang Grup. Lulusan Jurusan Bahasa dan Sastra IKIP Jakarta (kini Universitas Negeri Jakarta) ini pernah menjadi anggota Dewan Kesenian Jakarta (2006 - 2012).

Beberapa buku yang telah ditulis Zen Hae antara lain Rumah Kawin (kumpulan cerpen, 2004) dan Paus Merah Jambu (kumpulan puisi, 2007). Yang terakhir memenangi Karya Sastra Terbaik 2007 dari Majalah Tempo.

JJ Rizal dilahirkan di Jakarta pada 1975 ini menyelesaikan kuliah (1998) di Jurusan Sejarah, Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Dia mendirikan Penerbit Komunitas Bambu (Kobam) yang secara khusus menggarap buku-buku ilmu pengetahuan budaya dan humaniora.

Selain menjadi editor buku, dia juga membuat tulisan-tulisan sejarah di berbagai media massa. Pada 2009, dia mendapat Anugerah Budaya Gubernur DKI Jakarta. Beberapa karyanya telah dibukukan, antara lain, Politik Kota Kita (2006); Onze Ong: Onghokham dalam Kenangan (2007); Sejarah yang Memihak: Mengenang Sartono Kartodirdjo (2008); dan Raden Saleh: Anak Belanda, Mooi Indie dan Nasionalisme. 

Yahya Andi Saputra lahir di Jakarta, 5 Desember 1961, menamatkan studi Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Indonesia pada tahun 1988. Dia tergabung dalam Forum Pengkajian Betawi dan Ketua Bidang Pelestarian Batik Betawi.

Saat ini dia juga menjadi anggota Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta. Mulai menulis puisi, cerpen, resensi maupun opini sejak SMA. Karya tulisnya banyak dimuat di berbagai media. Yahya Andi Saputra juga menulis skenario flm dokumenter, khusus tentang budaya Betawi, antara lain: “Ngelamar Care Betawi“, “Perkawinan Adat Betawi“, “Pergi Haji Care Betawi“, “Silat Beksi“, “Nisfu Sya’ban Betawi“, dan beberapa naskah sandiwara Betawi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com