Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Lulus SNMPTN Tidak Diizinkan Ikut SBMPTN 2019

Kompas.com - 19/03/2019, 16:22 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Melalui pengumuman resmi yang diterima Kompas.com (17/3/2019) panitia LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) menyampaikan akan mempercepat jadwal pengumuman hasil seleksi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) 2019.

Pengumuman seleksi jalur SNMPTN 2019 yang semula akan diumumkan pada 23 Maret 2019 dipercepat menjadi Jumat, 22 Maret 2019 mulai pukul 16.00 WIB.

Terkait hal itu, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Budi Prasetyo mengingatkan peserta yang nanti telah diterima jalur SNMPTN tidak dapat mengikuti pendaftaran SBMPTN 2019.

Mendaftar 2 prodi

Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa lain yang ingin mendaftar melalui jalur SBMPTN.

"Peserta yang sudah diterima di jalur SNMPTN tidak bisa mendaftar di jalur SBMPTN. Ini guna memberikan kesempatan kepada peserta yang lain," jelas Prof Budi kepada Kompas.com melalui pesan singkat (18/3/2019).

Baca juga: Pengumuman SNMPTN 2019 Dipercepat, Bagaimana bila Tidak Diterima?

Dilansir dari laman resmi LTMPT, setiap siswa peserta SNMPTN diperbolehkan memilih sebanyaknya dua program studi dari satu PTN (perguruan tinggin negeri) atau dua PTN. Disarankan tidak boleh lintas minat (tergantung ketentuan PTN tujuan). 

Sistem seleksi

Sistem seleksi SNMPTN yang akan diumumkan pada tanggal 22 Maret 2019 Pk. 16.00 ini dilakukan berdasarkan prinsip:

1. Mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih;

2. Memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah; dan

3. Menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

Tahap seleksi

Seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut.

1. Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.

2. Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com