Dinas Pendidikan DKI Jakarta Berikan Soal "Try Out" UNBK Di Sini

Kompas.com - 20/03/2019, 10:59 WIB
Ilustrasi Soal Try Out UNBK dan USBN Dinas Pendidikan Dok. Disdik DKI JakartaIlustrasi Soal Try Out UNBK dan USBN Dinas Pendidikan

KOMPAS.comTerkait pelaksanaan Ujian Nasional yang akan dimulai minggu depan untuk jenjang SMK, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta melalui laman resmi mereka memberikan soal-soal try out UNBK dan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) untuk jenjang SD hingga SMA.

Para peserta UNBK dan USBN dapat mengakses soal-soal tersebut melalui laman utama Disdik DKI Jakarta di area sudut kanan atas halaman website dengan folder INOVASI/UNBK dan USBN/ Try Out.

Pengamatan Kompas.com, Disdik DKI Jakarta memberikan soal-soal latihan USBN dan UNBK cukup lengkap. Sebagai contoh untuk jenjang SMA, soal try out UNBK terbagi atas soal pilihan dan soal uraian untuk seluruh mata pelajaran.

Baca juga: Ujian Nasional Dimulai Minggu Depan, Berikut Jadwal UNBK SMA/SMK

 

Soal-soal yang diberikan meliputi mata pelajaran seperti; Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi, Ekonomi, Kimia, Sosiologi dan lainnya.

Demikian pula untuk jenjang SD, SMP dan SMK, diberikan lengkap untuk setiap mata pelajaran disertai pembahasan soal. Peserta UN dan USBN yang tertarik dapat mengakses beragam soal try out  tersebut melalui tautan yang diberikan Disdik DKI Jakarta melalui: https://www.tryoutunonline.com/

Sebelumnya. pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menentukan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk Tahun Pengajaran 2018-2019.

UN 2019 rencananya akan dilaksakan dalam 2 pilihan sistem yakni: Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

Melalui Pedoman Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan UN 2019, Bambang Suryadi Ketua BSNP menginformasikan jadwal pelaksanaan UNBK dan UNKP baik untuk jenjang SMP dan SMA.

UNBK jenjang SMK akan diadakan pada tanggal 25-28 Maret 2019 dan jenjang SMA tanggal 1,2, 4 dan 8 April 2019. Sedangkan UN SMP akan diadakan 22-25 April 2019.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X