Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Kemampuan Industri 4.0, PENS Gelar Workshop "Data Science"

Kompas.com - 20/03/2019, 23:13 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Memasuki era big data mahasiswa dituntut memiliki skill dalam pengolahan maha data (big data).

Terkait hal itu, Himpunan Mahasiswa Telekomunikasi (Hima Telkom) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar "Data Science Seminar and Workshop" di Ruang Teater Gedung PENS (16/3/2019)

Kegiatan yang dihadiri 140 mahasiswa mengangkat tema data science dan menghadirkan 2 pemateri, yakni Farida dan Achmad Wildan Al Aziz dari Data Science Indonesia (DSI) Regional Jawa Timur.

Acara diawali dengan seminar oleh pemateri yang membahas mulai dari pengenalan DSI, hingga skill apa saja yang harus dimiliki mahasiswa yang ingin menjadi data scientistataupun data engineer.

Baca juga: Ternyata, Belajar Data Science Bisa Lebih Seru dari Matematika!

Usai seminar, kegiatan dilanjutkan dengan workshop. Pada sesi ini, para peserta bersama-sama belajar mengenai dasar-dasar pengolahan data menggunakan bahasa pemrograman Python.

Dilansir dari laman resmi PENS, acara dipandu oleh 11 asisten dari Data Science Club (DSC), para mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti workshop ini. “Disini kita belajar dari awal banget, kita kenalkan dulu proses pengolahan data. Ya, saya harap kita semua bisa konsisten dalam belajar ini,” tukas Farida.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami mengenai data sciencesebagai ilmu yang sangat dibutuhkan para era ini.

“Semoga kegiatan ini bisa membuka wawasan bagi mereka yang baru kenal dengan data science, dan bagi mereka yang sebelumnya sudah kenal semoga bisa tambah semangat dalam memperdalam ilmunya,” ujar Rifki Fadilah Akbar selaku ketua pelaksana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com