Kompas.com - 20/03/2019, 23:13 WIB
Himpunan Mahasiswa Telekomunikasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)  menggelar Data Science Seminar and Workshop. Bertempat di Ruang Teater Gedung D3, kegiatan ini dihadiri oleh 140 mahasiswa aktif PENS (16/3/2019). Dok. PENSHimpunan Mahasiswa Telekomunikasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar Data Science Seminar and Workshop. Bertempat di Ruang Teater Gedung D3, kegiatan ini dihadiri oleh 140 mahasiswa aktif PENS (16/3/2019).

KOMPAS.com - Memasuki era big data mahasiswa dituntut memiliki skill dalam pengolahan maha data (big data).

Terkait hal itu, Himpunan Mahasiswa Telekomunikasi (Hima Telkom) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar "Data Science Seminar and Workshop" di Ruang Teater Gedung PENS (16/3/2019)

Kegiatan yang dihadiri 140 mahasiswa mengangkat tema data science dan menghadirkan 2 pemateri, yakni Farida dan Achmad Wildan Al Aziz dari Data Science Indonesia (DSI) Regional Jawa Timur.

Acara diawali dengan seminar oleh pemateri yang membahas mulai dari pengenalan DSI, hingga skill apa saja yang harus dimiliki mahasiswa yang ingin menjadi data scientistataupun data engineer.

Baca juga: Ternyata, Belajar Data Science Bisa Lebih Seru dari Matematika!

Usai seminar, kegiatan dilanjutkan dengan workshop. Pada sesi ini, para peserta bersama-sama belajar mengenai dasar-dasar pengolahan data menggunakan bahasa pemrograman Python.

Dilansir dari laman resmi PENS, acara dipandu oleh 11 asisten dari Data Science Club (DSC), para mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti workshop ini. “Disini kita belajar dari awal banget, kita kenalkan dulu proses pengolahan data. Ya, saya harap kita semua bisa konsisten dalam belajar ini,” tukas Farida.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami mengenai data sciencesebagai ilmu yang sangat dibutuhkan para era ini.

“Semoga kegiatan ini bisa membuka wawasan bagi mereka yang baru kenal dengan data science, dan bagi mereka yang sebelumnya sudah kenal semoga bisa tambah semangat dalam memperdalam ilmunya,” ujar Rifki Fadilah Akbar selaku ketua pelaksana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.