Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Awali Kampanye Rapat Umum di Jawa Tengah

Kompas.com - 21/03/2019, 13:45 WIB
Christoforus Ristianto,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengungkapkan, akan memulai kampanye rapat umum di Jawa Tengah. Dia menyebutkan sudah memilih beberapa titik di Jateng yang antusiasme masyarakatnya tinggi.

"Kampanye terbuka sudah mulai tahap akhir. Saya akan mulai di Jateng dan mudah-mudahan dilancarkan persiapanya," ujar Sandiaga di sela-sela kunjunganya di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Kamis (21/3/2019).

Sandiaga menjelaskan, masyarakat yang ada di beberapa lokasi di Jateng memiliki antusiasme yang tinggi terhadap dirinya dan capres Prabowo Subianto. Ia mengklaim tidak ada daerah yang merespons negatif kala dirinya berkampanye.

Baca juga: Sandiaga Sebut Total Investasi OK OCE Capai Rp 359 Miliar

"Kita mendapatkan sambutan positif dari semua daerah, termasuk di daerah yang menolak kami, tapi saya salami. Mereka malah minta foto juga, jadi buat saya rakyat Indonesia gembira menyambut Pilpres 2019," ungkapnya kemudian.

Ketika ditanya persiapan mengenai kampanye rapat umum, Sandiaga menyebut Badan Pemenangan Nasional (BPN) saat ini sedang merencanakan ada berapa titik lokasi yang akan dikunjungi, kemungkinan di atas 50.000 titik.

"Lagi didiskusikan, ada beberapa titik yang tipe A di atas 50 ribu yang saya akan kunjungi bersama Pak Prabowo," ucapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan pengundian zonasi kampanye untuk rapat umum peserta Pemilu 2019. Pengundian dilakukan pada Rabu (6/3/2019) di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca juga: PAN dan Berkarya Belum Aman, Sandiaga Sebut Akan All Out Bantu Naikkan Elektabilitas

Ada dua zonasi yang dibagi KPU, yaitu zonasi A dan B. Bola undian diambil secara serentak oleh perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan BPN Prabowo-Sandiaga Uno.

Hasilnya, Jokowi-Ma'ruf mendapat bola B. Sedangkan, tim Prabowo-Sandiaga mendapat bola A.

Artinya, pasangan capres cawapres Jokowi-Ma'ruf akan memulai kampanye rapat umum per 24 Maret di wilayah B, sementara pasangan Prabowo-Sandiaga memulai kampanye di wilayah A.

Mereka akan bertukar zonasi setiap dua hari sekali. Aturan ini adalah hasil revisi dari kesepakatan awal yang menyatakan pertukaran zonasi dilakukan setiap tiga hari sekali.

Kompas TV Pemilu serentak 2019 ini kompleks, analisis mengenai efek ekor jas membingungkan partai politik dan calegnya dalam bekerja. Pada satu sisi harus mendukung capres sesuai putusan pimpinan partai, tetapi pada sisi lain harus memenangi kursi DPR. Caleg dan partai politik yang partainya tidak terasosiasi dengan capres mengambil jalur aman bagaimana bekerja untuk partai agar bisa lolos ke parlemen. Dari sisi media, pemberitaan hanya tertuju pada calon presiden. Simak Ulas Kompas terkait partai politik bisa lebih sederhana bersama General Manager Penelitian dan Pengembangan Kompas Toto Suryaningtyas berikut ini. #LitbangKompas #Pilpres2019 #elektabilitas #surveilitbangkompas
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com