Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengumuman Siang Ini, Begini Cara Melihat Hasil SNMPTN 2019

Kompas.com - 22/03/2019, 14:28 WIB
Mela Arnani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diumumkan hari ini, Jumat (22/3/2019) siang, pukul 13.00 WIB.

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo Widyobroto menyampaikan, peserta yang dinyatakan tidak lolos SNMPTN dapat masuk ke PTN melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Mengingat proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan agar bisa memberi kesempatan bagi siswa yang tidak lolos untuk mendaftar UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) gelombang I," kata Budi dalam keterangan resmi, Jumat.

Sementara itu, Ketua LTMPT Ravik Karsidi menjelaskan, peserta dengan nama dan nomor tercantum dalam daftar terlampir maka dinyatakan lolos.

Adapun peserta tersebut dinyatakan diterima di PTN dengan syarat memenuhi hal-hal seperti.

  1. Lolos verifikasi data akademik (rapor dan portofolio asli), serta menunjukkan ijazah atau surat keterangan tanda lulus dan persyaratan lain yang dilaksanakan oleh PTN.
  2. Bagi peserta Bidikmisi harus lolos verifikasi terhadap data akademik dan verifikasi data ekonomi melalui dokumen dan/atau kunjungan ke alamat tinggal peserta.

"Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNMPTN tahun 2019 wajib melihat syarat, ketentuan, dan jadwal registrasi atau daftar ulang di situs atau laman PTN tujuan masing-masing," ujar Ravik.

Pengumuman SNMPTN dilaksanakan serentak secara online. Begini cara melihatnya:

  1. Peserta dapat mengakses situs SNMPTN atau membuka situs pengumuman.snmptn.ac.id.
  2. Apabila melalui situs SNMPTN, di halaman awalnya akan muncul 12 link yang dapat digunakan untuk membuka pengumuman ini.
  3. Klik salah satu. Lalu, login menggunakan nomor pendaftaran dan tanggal lahir peserta. Sebagai catatan, nomor pendaftaran SNMPTN tertera di kartu peserta yang berjumlah 10 digit.
  4. Setelah memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir dengan benar, klik tombol "Lihat Hasil Seleksi".

Ravik menegaskan, peserta yang telah dinyatakan lolos SNMPTN tidak dapat mendaftar melalui jalur SBMPTN.

Berikut 12 link yang dapat diakses untuk membuka pengumuman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com