Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Kampanye Terbuka Prabowo, Sebut Anggaran Negara Bocor Rp 1.000 Triliun hingga Mencari Suara di Tanah Kelahiran Ibu

Kompas.com - 25/03/2019, 08:44 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menggelar kampanye terbukanya di Manado, Sulawesi Utara dan Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (24/3/2019).

Prabowo mengatakan, kekayaan Indonesia mengalir keluar dari Indonesia. Tak tanggung-tanggung kebocorannya mencapai Rp 1.000 triliun.

Hal itu diungkapkan Prabowo saat menghadiri kampanye terbuka di Lapangan Ternate Baru, Kecamatan Singkil, Manado.

Dalam orasi politiknya, Prabowo juga mengungkapkan kekayaan Indonesia hanya dikuasai segelintir orang.

Prabowo juga menyampaikan alasan dirinya memilih Sulawesi Utara sebagai lokasi pertama kampanyenya.

Baca fakta lengkapnya:

1. Prabowo: Kekayaan negara bocor Rp 1.000 Triliun

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat berorasi politik di kampanye terbuka perdana di Lapangan Ternate Baru, Kecamatan Singkil, Manado, Sulawesi Utara, Minggu (24/3/2019).KOMPAS.com/SKIVO MARCELINO MANDEY Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat berorasi politik di kampanye terbuka perdana di Lapangan Ternate Baru, Kecamatan Singkil, Manado, Sulawesi Utara, Minggu (24/3/2019).

Menurut Prabowo Subianto, kekayaan Indonesia setiap tahunnya mengalir keluar Indonesia.

"Kekayaan kita tidak tinggal di Indonesia. Dan juga saya mengatakan kebocoran kekayaan negara terlalu besar setiap tahun. Saya hitung, kebocoran kita tiap tahun kurang lebih 1.000 triliun tiap tahun. Saya hitung kebocoran anggaran minimal 25 persen," katanya.

Prabowo menambahkan, hal tersebut mungkin akan membuat sejumlah pihak terusik dan kebakaran jenggot.

"Saya tidak menyalahkan siapa-siapa. Ini bukan salah satu, dua, tiga orang. Ini adalah kelemahan sistem kita yang harus kita ubah. Jadi, kalau badan kita sakit, kita ke dokter. Kalau dokter salah kasih obat, kita harus ganti dokter, betul?" ujar Prabowo kepada massa pendukung.

Baca Juga: Kampanye di Manado, Prabowo Sebut Kebocoran Anggaran Negara Rp 1.000 Triliun

2. Mencari dukungan di tanah kelahiran sang ibu

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyalami para pendukungnya saat hendak keluar dari Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, usai berorasi dalam kampanye akbar, Minggu (24/3/2019).KOMPAS.com/HIMAWAN Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyalami para pendukungnya saat hendak keluar dari Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, usai berorasi dalam kampanye akbar, Minggu (24/3/2019).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Prabowo tiba di Lapangan Ternate Baru, Kecamatan Singkil, Manado, Sulawesi Utara, Minggu (24/3/2019) sekitar pukul 11.30 Wita dan disambut ribuan pendukung.

Saat memulai orasi politiknya, Prabowo menjelaskan mengapa ia memilih Sulawesi Utara sebagai lokasi pertamanya berkampanye.

"Saya memilih Sulut untuk kampanye terbuka saya yang pertama karena ini adalah tanah kelahiran ibu saya. Di badan saya mengalir darah Kawanua, Minahasa. Saya ini Orla, Orang Langowan," ujar Prabowo, Minggu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com