Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontribusi Konkret, Penerima Beasiswa LPDP Bangun "Desa Wisata Sawit"

Kompas.com - 01/04/2019, 20:51 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Angkatan Persiapan Keberangkatan (PK) ke-141 penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) turut memberikan kontribusi membantu pemerintah untuk membangun desa

Angkatan terdiri dari 111 penerima beasiswa LPDP tersebut membantu pengembangan desa Cimulang, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor dengan menggelar program "Cimulang Desa Wisata Sawit".

Bona Sardo Hasoloan Ketua PK 141 mengatakan mereka menggelar beragam program di desa Cimulang antara lain pemberian bantuan sumur bor dan fasilitas air bersih, pembangunan gapura desa, pengembangan kewirausahaan, workshop perikanan dan kultivasi jamur.

Kontribusi konkret

Selain itu, para penerima beasiswa LPDP juga memberikan pemeriksaan mata dan gigi secara cuma-cuma kepada para warga dan anak-anak di desa tersebut. Pada acara tersebut, PK-141 juga menyajikan penyuluhan pendidikan keluarga dan edukasi masyarakat melalui mobil pintar dan mobil sehat.

Baca juga: Sri Mulyani Kepada Penerima Beasiswa LPDP : Terima Kasih Saja Tidak Cukup

“Masyarakat desa Cimulang mengalami kesulitan akses air bersih, kondisi MCK pun kurang memadai. Padahal mereka memiliki potensi besar menjadi desa wisata sawit karena sebagian wilayah desa adalah perkebunan,” ujarnya usai meresmikan program Cimulang, Desa Wisata Sawit bersama perangkat desa Desa Cimulang (30/3/2019).

Bona, yang akan melanjutkan studi S-3 di Belanda tersebut mengatakan angkatan PK-141 berkomitmen membantu desa Cimulang.

Sebanyak 101 orang akan menempuh pendidikan di luar negeri sedangkan 10 orang lain akan menempuh pendidikan di dalam negeri untuk jenjang S-2 maupun S-3. “Ini kontribusi konkrit kami untuk pembangunan masyarakat desa di Indonesia,” ucapnya.

Calon pemimpin

Para penerima beasiswa LPDP Angkatan 141 berasal dari 22 provinsi, dan terdiri dari beragam profesi. Ada yang bekerja sebagai dosen, PNS, dokter, pegawai swasta, dan lainnya. Sebagian dari mereka berasal dari wilayah timur Indonesia dan keluarga miskin.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat desa Cimulang dibantu oleh beberapa perusahaan dan organisasi masyarakat, antara lain Bank Mandiri, Bank Mandiri Syariah, Bank BNI Syariah, Bank BRI, Sarana Multi Infrastruktur, Sarana Multigriya Finansial, Solway, Tanoto Foundation, Waskita, Wijaya Karya, Penjamin Infrastuktur Indonesia, LPS, CT Arsa Foundation, PTPN 4, BNI Syariah, dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit.

Direktur LPDP Mokhamad Makhdum menuturkan, hingga Desember 2018 penerima LPDP mencapai 20.255 orang. Sebagian dari mereka sedang menjalani studi, dan sebagian lain akan berangkat pada tahun ini.

Jejaring para penerima beasiswa LPDP telah tersebar di berbagai kementerian Lembaga, TNI/POLRI, perusahaan swasta, LSM, perguruan tinggi, pemerintah daerah dan sektor lainnya. “Mereka calon pemimpin bangsa yang kami siapkan untuk membangun Indonesia,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com