Mampukah Universitas Hasilkan SDM Berdaya Saing di Industri Migas?

Kompas.com - 04/04/2019, 21:22 WIB
Universitas Pertamina menggelar seminar menghadirkan Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), Dharmawan H. Samsu mengangkat tema Peran Strategis Industri Hulu dalam Mendukung Ketahanan Energi Nasional (21/3/2019). Dok. Universitas PertaminaUniversitas Pertamina menggelar seminar menghadirkan Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), Dharmawan H. Samsu mengangkat tema Peran Strategis Industri Hulu dalam Mendukung Ketahanan Energi Nasional (21/3/2019).

KOMPAS.com - Universitas Pertamina mengenalkan mahasiswanya pentingnya peran industri hulu migas dalam mendukung ketahanan energi nasional melalui seminar yang diadakan Direktorat Kemitraan dan Kewirausahaan di Auditorium Griya Legita, Universitas Pertamina, Jakarta (21/3/2019).

Seminar menghadirkan Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), Dharmawan H. Samsu, sebagai pembicara dengan mengangkat tema "Peran Strategis Industri Hulu dalam Mendukung Ketahanan Energi Nasional".

DIharapkan melalui acara ini mahasiswa akan memperoleh pemahaman lebih dini tentang tantangan dan peluang industri hulu yang saat ini tengah dikembangkan PT Pertamina dan rencananya di masa mendatang,

Optimisme SDM industri migas

"Saya berikan kepada rekan-rekan mahasiswa supaya mereka memperoleh pemahaman sejak awal mengenai opportunity yang ada ke depan untuk memahami isu-isu nasional yang bisa mereka kembangkan untuk solusi-solusi yang ada," ujar Dharmawan di sela-sela acara.

Baca juga: 4 Kompetensi Lulusan Ini Jadi Kunci Society 5.0

Dalam pemaparannya, Dharmawan H. Samsu mengatakan dalam bisnis migas kemampuan teknis dan ilmu pengetahuan yang diperoleh secara teoritis di bangku kuliah tidaklah cukup untuk mengatasi berbagai permasalahan pada industri migas di Indonesia.

Ia menambahkan, “Saya ingin para mahasiswa dapat berpikir optimistis tentang masa depan energi Indonesia terutama dalam sektor migas."

Dharmawan berharap mahasiswa dapat menggunakan kesempatan belajar sebanyak-banyaknya serta memberikan pandangan atau ide mereka sebanyak-banyaknya untuk melatih kemampuan berpikir dan mengeluarkan pendapat.

Direktur Hulu PT Pertamina ini juga menyampaikan optimisme bahwa Indonesia memiliki SDM yang mumpuni dalam menangani industri hulu energi Indonesia di masa mendatang.

"Kita memiliki sumber daya manusia yang sangat baik. SDM kita luar biasa dan saya bangga menjadi bagian dari teman-teman yang mengerjakan tantangan kelas dunia. SDM kita sangat mampu dengan kualitas internasional sehingga tidak ada keraguan di sana," tegasnya.

Kompetensi berdaya saing global

Universitas Pertamina menggelar seminar menghadirkan Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), Dharmawan H. Samsu mengangkat tema Peran Strategis Industri Hulu dalam Mendukung Ketahanan Energi Nasional (21/3/2019).Dok. Universitas Pertamina Universitas Pertamina menggelar seminar menghadirkan Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), Dharmawan H. Samsu mengangkat tema Peran Strategis Industri Hulu dalam Mendukung Ketahanan Energi Nasional (21/3/2019).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X