Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Indonesia Startup Summit 2019", Menumbuhkan Startup Non-"Jawasentris"

Kompas.com - 08/04/2019, 16:28 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Melalui Program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) secara konsisten membina perusahaan pemula berbasis teknologi (PPBT) atau startup teknologi selama empat tahun terakhir.

Sejak 2015 hingga 2019, Kemenristekdikti telah membina 1307 startup. Seluruh startup binaan Kemenristekdikti tersebut dan startup-startup lain dari seluruh Indonesia akan tampil pada "Temu Akbar Startup Berbasis Teknologi dan Inovasi, Indonesia Startup Summit (ISS)" yang akan digelar di Jakarta International Expo Kemayoran, Rabu, 10 April 2019 mendatang.

"Dari 1307 itu kalau kita pisahkan, ada yang startup, ada yang calon startup. Ini harus kita pisahkan. Startup itu yang sudah masuk ke industri. Ini ada 749 startup. 558 sisanya adalah calon startup," ujar Menristekdikti Mohamad Nasir saat konferensi pers "Indonesia Startup Summit" di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta (5/4/2019).

Tidak hanya TIK

Ia menambahkan, "Startup-startup tersebut dan juga yang berasal dari Perguruan Tinggi dan LPNK di bawah Kemenristekdikti akan dipamerkan pada Temu Akbar Startup yang akan kita laksanakan pada tanggal 10 April 2019." 

Baca juga: Go-Jek Jadi Startup Decacorn Pertama Indonesia

Ribuan startup yang akan dipamerkan tidak hanya berfokus pada bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saja, tapi juga bidang-bidang lain seperti pangan, kesehatan dan obat-obatan, pertahanan dan keamanan, energi, transportasi dan material maju sesuai dengan bidang prioritas di Rencana Induk Riset Nasional (RIRN).

Saat ini tenants IBT belum merata dari seluruh Indonesia, namun Kemenristekdikti akan berikan pendanaan dan bimbingan bagi tenant dari luar Jawa yang dapat meningkatkan partisipasi dan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya.

Bukan "Jawasentris"

"Apakah startup hanya berasal dari Jawa saja? Tidak. Startup-startup ini berasal dari seluruh Indonesia. Dalam Pemerintah RI saat ini, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, pembangunan harus menyebar di seluruh Indonesia. Ini bukan 'Jawasentris', tapi 'Indonesiasentris'," ungkap Menristekdikti.

Dari 1307 tenant startup di seluruh Indonesia, Program IBT telah melahirkan 32 tenants yang sudah mature dengan peningkatan omzet rata-rata lebih dari 426% dan tenants yang mature tersebut memiliki omzet minimal Rp 500 juta.

Startup dengan nilai omzet tertinggi adalah produk Satpam Pintar dalam bidang keamanan sekaligus teknologi informasi dengan omzet mencapai 7 miliar rupiah. Startup kedua tertinggi mencapai 6,5 miliar Rupiah adalah Kapal Pelat Datar dalam bidang transportasi, dan yang ketiga adalah *Isolated Ground Shield Wire, yaitu kabel listrik untuk voltase tinggi dan voltase sedang, dalam bidang material maju yang memiliki omzet sebesar 5 miliar Rupiah.

Kunci Kemenristekdikti dalam Program IBT terletak tidak hanya pada memberikan modal, namun juga membimbing hasil riset dan inovasi agar sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

Kesiapan teknologi

"Startup yang kita ambil ada dua. Satu, kita menjawab kebutuhan industri. Yang kedua itu hasil riset dari perguruan tinggi dan lembaga penelitian dan pengembangan. Hasil riset itu kita harus melihat 'technology readiness level'-nya, kesiapan teknologinya," ujar Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Retno Sumekar.

Ia menambahkan, "Jaman dahulu, startup banyak yang terhenti dan tidak bisa survive, yang mungkin startup di masa lampau dilakukan tanpa melakukan riset tentang kebutuhan pasarnya." 

"Kita berdoa mudah-mudahan program ini ada terus dan bisa ditiru oleh Kementerian lainnya. Program Pemerintah RI bisa berganti, tapi mudah-mudahan Program yang sangat inovatif dan kreatif akan tetap ada sebagai prioritas. Kementerian Perindustrian juga tentu dapat membantu program startup ini agar dapat diekspansi lebih luas lagi," ungkap Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Nada D.S. Marsudi dalam kesempatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com