Kompas.com - 10/04/2019, 07:03 WIB
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengumumkan 92.331 siswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2019. Dok. KemenristekdiktiMenteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengumumkan 92.331 siswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2019.

KOMPAS.com — Melalui akun Twitter resmi @Sekretariat SBMPTN, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menginformasikan contoh soal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah dapat diunduh calon mahasiswa jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

LTMPT menyampaikan contoh soal UTBK dapat diakses melalui tautan laman pendaftaran di https://pendaftaran-utbk-1.ltmpt.ac.id/.

Peserta yang telah mendaftar dapat masuk dalam laman tersebut dengan memasukkan kombinasi email dan password yang telah terdaftar untuk masuk ke sistem. 

Panitia LTMPT juga menyarankan peserta UTBK menggunakan komputer PC atau laptop saat mengakses contoh soal UTBK ini. 

Setelah masuk dalam sistem, peserta dapat mengklik menu "UTBK" dan kemudian mengklik menu "Riwayat UTBK" untuk selanjutnya mengakses contoh soal UTBK.

Soal HOTS

Dalam kesempatan terdahulu, Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam konferensi pers Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2019 di Ruang Sidang Utama Gedung D Kemenristekdikti (22/10/2018) telah memastikan soal-soal UTBK SBMPTN 2019 akan menggunakan soal HOTS (high order thinking skill) atau soal dengan kemampuan analisis tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: UNY Buat Aplikasi untuk Mudahkan Peserta Tes UTBK SBMPTN 2019

 

"Kemampuan calon mahasiswa untuk menganalisis adalah hal yang penting," kata Nasir perihal dimasukannya soal HOTS dalam UTBK SBMPTN 2018.

Hal senada disampaikan Ketua LTMPT Ravik Karsidi, "Dengan soal HOTS dimungkinkan untuk membuat jenis soal sama, tetapi pertanyaan akan berbeda."

Ia menyebutkan, hal ini bertujuan menjaring calon mahasiswa berkualitas serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital.

Ukur kemampuan

Menristekdikti menjelaskan, UTBK terdiri dari tes potensi skolastik (TPS) dan tes kompetensi akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.