Kompas.com - 13/04/2019, 11:25 WIB
Sekretaris Pusat UTBK ITB, Prof. Asep Gana Suganda dalam konferensi pers mengenai kegiatan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui UTBK di Gedung Rektorat ITB (10/4/2019). Dok. ITBSekretaris Pusat UTBK ITB, Prof. Asep Gana Suganda dalam konferensi pers mengenai kegiatan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui UTBK di Gedung Rektorat ITB (10/4/2019).

KOMPAS.com - Sebanyak 26.656 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) diperkirakan melaksanakan UTBK di Institut Teknologi Bandung (13/4/2019).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 13.544 akan melakukan tes di kampus ITB Jalan Ganesha  dan di lokasi mitra 13.112 peserta.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Pusat UTBK ITB, Prof. Asep Gana Suganda dalam konferensi pers mengenai kegiatan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui UTBK di Gedung Rektorat ITB (10/4/2019).
 
Melalui laman resmi, Prof Asep Gana menyampaikan pelaksanaan UTBK di ITB diselenggarakan setiap Sabtu-Minggu dan dibagi ke dalam dua gelombang. Setiap ujian dilaksanakan dua sesi. Sesi pagi pada pukul 07.30-11.45 dan sesi siang 12.30-16.45.

Sekolah mitra

Dijelaskan Prof. Asep, ITB bermitra dalam pelaksaan UTBK 2019 yaitu dengan SMAN 1 Bandung, SMA 3 Bandung, SMA 4 Bandung, SMA 5 Bandung dan SMK 2 Bandung sebagai tempat ujian. 

Baca juga: 8 Fakta UTBK 2019, Cek Jumlah Persaingan Soshum dan Saintek di Sini

Waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar gelombang pertama berlangsung tanggal 13 April – 4 Mei 2019 dan waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar gelombang kedua tanggal 11 Mei – 26 Mei 2019.
 
“Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan, Panitia UTBK ITB telah berkoordinasi dengan pihak PLN dan Telkom,” ujarnya.
 
Ingatkan tatib
 
Ia menjelaskan, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan oleh peserta yang akan melaksanakan tes di ITB dan mitra yang dipilih. Seperti, batas keterlambatan kehadiran bagi peserta ujian adalah 30 menit sejak peserta memasuki ruangan ujian.
 
Tidak ada tambahan waktu untuk peserta yang terlambat hadir. Setelah 30 menit, dengan alasan apapun peserta tidak diperbolehkan mengikuti ujian.
 
“Selain itu, harus diperhatikan karena hari Minggu sering diadakan Car Free Day (CFD) di Dago bagi yang akan melaksanakan di SMA 1 Bandung,” ujarnya.
 
3 Jalur masuk ITB
 
Mulai tahun 2019, persyaratan mendaftar SBMPTN wajib mengikuti UTBK. Di Bandung, ada lima perguruan tinggi yang menjadi pusat pelaksanaan UTBK, yaitu ITB, UPI, Unpad, ISBI Bandung, dan Universitas Siliwangi. 
 
Ketentuan umum dalam pelaksanaan UTBK yakni, peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK maksimal dua kali, dengan ketentuan  peserta UTBK kelompok Saintek satu kali dan kelompok Soshum satu kali; atau kelompok Saintek dua kali; atau Kelompok Soshum dua kali.
 
ITB sendiri menerima calon mahasiswa baru program sarjana untuk Tahun Akademik 2019/2020 melalui tiga jalur, yaitu Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM) – ITB.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.